Cara Mengatasi Kamera HP Berembun, Simpel Banget

 Cara Mengatasi Kamera HP Berembun, Simpel Banget

tribunnews.com

wikiGo News Gadget- Pas lagi mau foto, pernah nggak sih kamu ngalamin kamera HP berembun? Kalau pernah, nggak usah khawatir deh. Karena ternyata, kamera HP berembun ini adalah sesuatu yang biasa pada tiap ponsel. Cuman ya gitu, kalau sudah gini kan pasti hasil jepretan kamu nggak bakalan maksimal. Ia nggak? Dan ini pasti ngeselin banget deh. Apalagi kalau posisinya kamu sedang akan mengambil foto dokumen yang penting banget. Asli, keselnya mah double kan? Kondisi ini bisa kamu atasi dengan mudah kok. Yuk simak cara mengatasi kamera hp berembun yang simple banget.

Cara mengatasi kamera berembun

Oke, sebelum ke cara mengatasi kamera hp berembun, kamu harus tahu dulu dong penyebab, atau alasan kenapa sih kamera hp kamu bisa sampai berembun gitu. Nah, ternyata ada beberapa penyebab kamera hp kamu berembun loh. Kayak layar utamanya yang berembun, kaca kamera hp kamu bermasalah, hp kamu masuk ek dalam air, atau kehujanan, body ponsel kamu yang nggak rapat, ruangan yang lagi lembab, hingga pernah tersiram air.

Jadi, ketika kamu mengalami salah satu hal di atas, yaw ajar banget dong kalau akhirnya kamera hp kamu berembun. Terutama ketika kamu lagi ada di sebuah ruangan atau tempat yang lembab ya. Misalnya ya lagi berada di dataran rendah. Untuk mengatasinya, simak penjelasannya berikut ya.

  • Menggunakan beras

Cara mengatasi kamera hp bermebun yang pertama adalah dengan memanfaatkan beras. Kalau cara satu ini mah memang sudah nggak asing lagi ya di masyarakat. Bahkan, ketika hp kamu kena air keseluruhan juga bakalan disaranin buat direndam di dalam beras dulu.

Baca juga Daftar HP Vivo Terbaru yang Wajib Kamu Tahu!

Untuk memanfaatkan beras dalam mengatasi permasalahan kamera kamu caranya gampang banget. Pertama, kamu siapkan terlebih dahulu sebuah wadah yang isinya adalah beras. Kemudian masukkan ponsel kamu ke dalam beras tadi, dan tutup wadahnya. Lalu tunggu hingga beberapa jam. Dan biar nggak terasa lebih lama menunggu, ada baiknya jika kamu melakukan cara ini ketika akan tidur, agar ketika bangun, kamu bisa langsung mencobanya kembali.

  • Memanfaatkan silica gel

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan silica gel. Pernah dengar kata ini? Pernah dong ya. Jadi, silica gel ini pada umumnya tuh dipakai atau dimanfaatkan untuk membuat sepatu atau barang yang lain tetap kering. Jadi, nggak heran banget deh kalau silica gel ini mudah banget kamu temukan di kotak sepatu yang masih baru. Dan ternyata, silica gel ini bisa banget kamu manfaatkan buat mengatasi kamera hp yang berembun loh.

Caranya mah gampang. Pertama, kamu cari dulu wadahnya, kemudian masukkan ponsel kamu, dan taburkan silica gelnya. Kalau sudah, silahkan ditutup dengan rapat ya, dan diamkan selama semalaman. Dan yang terpenting adalah, jangan lupa buat melepaskan baterai ponsel kamu kalau kebetulan ponsel kamu menggunakan model battery removable. Setelah semalaman, ilihat embunnya, pasti sudah hilang. Karena sudah di serap oleh silica gel tadi.

Itulah dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kamera yang kebetulan sedang bermasalah. Dan perlu kamu tahu, bahwasanya, masih ada banyak cara lainnya yang bisa kamu coba, seperti menggunakan hair dryer, kemudian memanfaatkan lampu, sinar matahari, pakai kipas laptop, dengan melepaskan casing hp, berishkan kamera ponsel kamu dari berbagai kotoran yang ada di dalam lensanya, hilangkan lensa goresnya dengan menggunakan pasta gigi atau odol, atau bersihkan juga debunya di lensa menggunakan minyak kayu putih, tutup lensa kamera, dan kalau memang sudah nggak bisa juga, cara terakhir yang bisa kamu tempuh adalah dengan membawanya ke tempat service.

Dan biasanya, kalau memang belum parah mah, cukup dengan merendam ponsel kamu di dalam beras saja sudah aman terkendali. Tapi kalau sudah parah ya memang harus dibawa ke dokternya deh. oke, sekian sekilas beberapa cara mengatasi kamera hp berembun yang bisa kamu coba.

Yuk lebih awere lagi dengan barang-barang yang kita miliki. Agar nggak perlu repot-repot buat ngurusin kerusakannya. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *