Kenali Jenis-Jenis Reklame untuk Kepentingan Kamu

 Kenali Jenis-Jenis Reklame untuk Kepentingan Kamu

wikiGo News Pendidikan – Saya yakin, kamu pasti pernah mendengar istilah reklame kan. Nah, apa sih sebenarnya reklame itu. Karena kadang-kadang nih, kita sering sih mendengar sebuah istilah tapi nggak selamanya kita tahu, apa makna dari istilah tersebut. Hal ini sama seperti istilah satu ini. Jadi, reklame ini merupakan sebuah bentuk atau media untuk melakukan promosi, baik untuk sekedar menyampaikan sebuah informasi ke khalayak ramai, ataupun untuk mendapatkan pelanggan atas produk atau jasa yang kamu tawarkan. Sifatnya juga fleksibel, ada yang komersial, ada juga yang kepentingan umum. Dan sampai sata ini, sudah ada banyak jenis-jenis reklame loh.

Dan di antara jenis-jenis reklame, tentu ada beberapa yang sangat akrab dengan kamu. Hal ini karena memang jenis reklamenya mudah ditemukan. Jika kita artikan secara umum, maka reklame merupakan sebuah alat atau sarana untuk menginformasikan, menawarkan, memperkenalkan, atau mempromosikan sebuah jasa atau produk ke khalyaka ramai dengan memanfaatkan gambar dan juga kalimat-kalimat yang keren, sehingga menarik perhatian masyarakat.

Nggak hanya itu saja gengs, reklame bahkan juga bisa kamu gunakan untuk membangun brand loh, supaya bisnis yang kamu jalankan lebih dikenal luas oleh masyarakat. Nah, sampai saat ini, reklame itu dibedakan menjadi beberapa jenis, yang pertama adalah jenis-jenis reklame berdasarkan medianya, yang kedua berdasarkan lokasi pemasangan, dan yang terakhir berdasarkan tujuan pembuatan. Kamu mah bisa memilih satu atau dua saja ya, sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Jenis-jenis reklame berdasarkan lokasi

Yang pertama kali akan kita bahas adalah jenis-jenis reklame berdasarkan dengan lokasi pemasangan. Jadi, nggak bisa sembarangan pilih tempat ya. Karena kalau kamu ngasal, nggak mempertimbangkan banyak hal, udah pasti deh, reklame yang kamu buat tuh nggak ngefek sama sekali.  Jenis-jenis reklame berdasarkan lokasi terbagi lagi menjadi dua, ada yang indoor dan outdoor. Ya sesuai namanya lah ya. kalau yang reklame indoor, udah jelas dong buat di dalam ruangan, dan biasanya bentuknya kecil, dan terbuat dari kertas. Misalnya tuh ada etiket, leaflet, brosur, dan lain sebagainya.

Sementara yang outdoor, buat dipasang di luar ruangan, dan bisa terkena sinar matahari secara langsung. Dan umumnya sih, reklame outdoor ini punya ukuran yang cukup besar, dan dibuat dengan bahan yang memang tahan air, dan juga tahan menghadapi cobaan berupa sinar matahari. Contohnya adalah baliho, spanduk, papan nama, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis  Reklame Berdasarkan Medianya

Jenis-jenis reklame yang kedua adalah berdasarkan medianya. Dan terbagi menjadi tiga jenis. Yang pertama adalah yang audio, audiovisual, dan visual saja.  kamu pasti bisa menebak. Bahawa reklame yang audiovisual ini merupakan reklame dengan menggunakan gambar dan juga audio atau suara-suara. Kemudian yang audio mengandalkan suara, sementara yang visual hanya mengandalkan gambar saja. Hanya dengan mengetahui pengertiannya saja kamu sudah bisa menemukan contohnya, karena memang ada di sekitaran kita, khususnya yang reklame audio.

Jenis-jenis Reklame Berdasarkan Tujuan Pembuatan
Jenis-jenis reklame yang terakhir adalah berdasarkan tujuan dari pembatan reklamenya. Karena bagaimanapun, masing-masing reklame yang sering kamu temukan di jalan pasti mempunyai tujuannya masing-masing ya. Ada yang tujuan pembuatannya adalah untuk komersial, dan pasti ada juga yang non komersial. Jadi, apa sih sebenarnya reklame yang komersial dan non komersial. Kita bahas satu per satu ya.

Pertama, reklame komersial

Nah, reklame komesial ini merupakan reklame yang dengan mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih tinggi. Misalnya adalah spanduk, poster, baliho, papan reklame, dan lain sebagainya.

Kedua, reklame non komersial

Sementara reklame non komersial ini memang untuk kepentingan umum, tanpa mengambil keuntungan sama sekali. Karena sifatnya adalah himbauan, ajakan, larangan, informasi, dan lain sebagainya. Dan di tengah pandemic seperti saat ini, kamu tentu sering mendapati reklame non komersial yang mengajak kamu dan kita semua untuk lebih mawas diri, dan selalu mengikuti peraturan yang ada.

Demikian jenis-jenis reklame yang harus kamu tahu. Kalau ingin melakukan promosi atau menyampaikan informasi secara umu, gunakan saja media yang memang paling cocok. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *