Tiga Jenis Helm yang Harus Kamu Ketahui

 Tiga Jenis Helm yang Harus Kamu Ketahui

astra.co.id

wikiGo News Otomotif – Memilih helm yang tepat di awal, merupakan salah satu langkah menyelamatkan diri dan orang lain ketika berkendara. Hal ini karena helm merupakan salah satu kewajiban yang meski dipenuhi oleh para pengguna sepeda motor. Dengan memilih helm yang tepat, ada berbagai keuntungan yang akan kamu rasakan. Salah satunya adalah lebih aman ketika berkendara. Karena kepala kamu sudah terlindungi secara sempurna. Sehingga, ketika ada benturan, maka kemungkinan terjadi benturan yang lebih besar akan sangat kecil. Dan ternyata, ada berbagai jenis helm di pasaran loh.

Jenis Helm yang Patut Kamu Tahu

Hingga kini, mungkin kamu hanya tahu satu atau dua jenis helm ya. Padahal, ada banyak jenis helm loh. Dan kali ini, kita akan bahas beberapa jenis helm saja. Sebelum membahas seputar jenisnya, ada hal yang harus kamu perhatikan dulu nih. Yakni tips ketika membeli helm. Salah satu tips yang harus kamu perhatikan adalah helm sudah sesuai standar, atau yang sudah ada logo SNI. Jangan sampai deh, kamu Cuma lihat bentuknya yang unyu langsung beli. Atau harganya yang miring. Jangan ya dear.

Helm Modular

Jenis yang pertama adalah helm modular. Helm satu ini kerap disebut-sebut sebagai helm yang flip up. Jika kamu perhatikan sekilas saja, maka bentuk helm modular ini hampir seperti helm yang full wajah. Ya karena memang perbedaanya sederhana kok, jika helm full wajah atau full face, merupakan helm yang bagian dagu helmnya bisa kamu buka ke atas. Bagian yang dapat dibuka ini merupakan sebuah bagian yang disengaja. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengangkat telpon sejenak jika kebetulan ada panggilan.

Tapi, demi keselamatan kamu selama berkendara, alangkah baiknya jika menepi sejenak dan berhenti, lalu mengangkat telpon ya. Helm modular ini mempunyai bobot yang lumayan berat jika dibandingkan dengan helm pada umumnya. Ketika kamu memilih menggunakan jenis helm ini, maka kamu ahrus memperhatikan dulu bagian engseslnya. Karena ada beberapa helm modular yang kualitasnya tidak bagus, sehingga, engselnya tidak ketat, sehingga sangat berbahaya jika digunakan.

Helm Full Face

Jenis helm yang kedua adalah helm full face. Helm yang sudah kita singgung sedikit di atas. Jadi, helm satu ini sama seperti namanya ya. Yakni helm dengan full wajah. Alias, seluruh wajah kamu akan tertutupi dengan sempurna. Dan bahkan nih, bagian leher kamu juga tertutup loh. Dan ternyata, satu hal yang harus kita pahami, bahwa, helm full face ini merupakan jenis yang bisa dengan sempurna membantu kamu melindungi area kepala jika nantinya terjadi kecelakaan.

Hal ini karena memang, helm satu ini dirancang bagi mereka yang bepergian dalam jarak yang jauh. Misalnya adalah mudik dengan jarak yang lumayan. Adanya pelindung di bagian pipi danjuga dau tentu akan sangat melindungi semua bagian kepala kamu.

Helm Off Road

Selanjutnya ada Helm Off Road. Helm ini juga dirancang secara khusus. Yakni bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan dalam jarak yang jauh dan akan melewati jalanan yang terjal. Sesuai dengan pemilihan namanya ya. Jenis helm off road ini hampir sama saja dengan helm yang full face. Yakni mempunyai pelingdung tersendiri di area dagu. Dan di bagian kanan dan juga kiri tampilannya lebih kecil.

Helm jenis satu ini memiliki rancangan dengan satu bagiannya yang agak panjang tepat di bagian depan, dan tujuannya adalah agar dapat melindungi kamu dari panasnya sinar matahari.

Baca juga Tips Membeli Helm yang Baik dan Benar

Penutup

Jadi, itulah dia beberapa jenis helm yang harus kamu ketahui. Sebagaimana yang sudah dijelaskan di awal, bahwa, ketika akan membeli helm, apapun jenis yang akan kamu gunakan, maka hal yang pertama kali harus kamu perhatikan adalah mengetahui, apakah helm tersebut sudah sesuai dengan standar keamanan atau belum.

Jika tampilan helmnya meyakinkan, cantik, dan yang lainnya, tapi belum sesuai standar, maka saya sarankan jangan membelinya. Pilih saja yang sudah ada logo SNI nya agar lebih aman dan nyaman kamu gunakan.

Demikian. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

2 Comments

  • Helem model yang unik itu apa namanya kak?

    • Wah yang mana satu kak. Karena helm unik tuh lumayan banyak loh. Hehehe.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *