Tiga Jenis Asuransi Mobil yang Wajib Banget Kamu Tahu

 Tiga Jenis Asuransi Mobil yang Wajib Banget Kamu Tahu

wikiGo News Otomotif – Mobil menjadi sebuah kendaraan multi fungsi yang mulai ingin dimiliki oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Karena bagaimanapun, kapasitas penumpang antara motor dengan mobil beda dong ya. Dulu, kita sering banget deh diingatin, bahwa sebelum beli mobil, jangan lupa siapin garasinya dulu. Bahkan sampai sekarang nih, masih aja banyak himbauan kayak gitu.

Bener sih, tapi ya gimana, kadang mungkin memang lahannya nggak ada, sementara mobil sudah menjadi kebutuhan mendesak. Nah, tapi, tahu nggak sih kamu, bahwa sebenarnya, selain menyediakan garasi buat mobil, ada hal lain yang harus kamu perhatikan, yaitu jenis asuransi mobil. Dan ternyata, mengetahui jenis asuransi mobil itu penting banget loh. Tapi ya jangan sampai tahu jenis-jenis asuransinya doang tapi nggak daftar, sama aja boong dong. Biar lebih jelas, yuk simak penjelasannya berikut ya. Cekidot.

Jenis Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Sekarang, mobil sudah menjadi sebuah kendaraan yang ‘wajib’ bagi beberapa orang. Ia nggak sih. Hal ini karena memang, mobil memiliki sifat yang fleksibel banget. Ketika cuaca hujan, kamu bisa menggunakannya, ketika akan mudik, bisa dipakai. Hal ini tentu merupakan nilai plus dari mobil ya. Intinya mah bisa mempermudah proses mobilitas agar lebih aman dan nyaman.

Sehingga, tingginya kebutuhan mobilitas tersebut harus membuat kamu benar-benar merawat mobil dengan baik dan bijak. Jangan sampai deh, hanya karena salah perawatan, mobil mahal yang sudah kamu beli malah cepat rusak. Rugi banyak dong.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa dong mengetahui dulu jenis asuransi mobilnya, karena dengan mengetahui jenis asuransi mobil dan mendaftarkan diri, maka mobil kamu bisa terjamin deh keamanannya. Hal ini tentu untuk menghindari hal-hal yang memang tidak diinginkan. Apalgi nih, kita kan nggak pernah tahu ya, kapan musibah bakalan datang. Sehingga, alangkah bijaknya jika kamu menyiapkan payung sebelum hujan.

Jenis asuransi mobilnya kita bahas satu-satu ya.

Asuransi All-Risk

Jenis asuransi yang pertama tuh ada asuransi all risk. Jadi, jenis asuransi satu ini adalah jenis asuransi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kenapa sih. Ya alasannya simple kok, jarena asuransi all risk ini bekerja sebagaimana namanya, yakni akan menjamin semua risiko yang ada ketika mobil kamu sedang mengalami masalah. Terutama jika mobil kamu dalam kondisi baru.

Jadi, kerusakan-kerusakan yang bisa ditangani tuh ya mulai dari yang paling kecil sampai yang benar-benar parah, termasuk jika mobil kamu hilang. Kan keren tuh. Nah, dilansir dari berbagia sumber, bahwa ketika kamu menggunakan jenis asuransi mobil satu ini, maka kamu akan dikenai dana paling tidak Rp4 juta.

Hitungan ini pasti sudah disesuaikan dengan banyak pertimbangan ya. Terbilang mahal sih, tapi ya worth it lah, alias masih seimbang banget dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Collision Coverage

Jenis yang kedua ada collision coverage. Jaid, jenis Collision Coverage satu ini khusus buat pendanaan jika kamu mengalami kecelakaan ya. Dimana, dananya diperuntukkan pembiayaan kecelakaan mobil kamu yang telah disebabkan oleh supir.

Dan asuransi ini akan memberikan pembiayaan terkait kerusakaan komponen pada mobil kamu, dan jika memang diperlukan, mereka juga akan memberikan ganti rugi loh, sesuai dengan harga yang telah kamu keluarkan ketika membeli mobil. 

 Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi mobil satu ini nggak jauh beda kok sama yang pertama. Bedanya hanya pada kasus kehilangan. Jadi, jenis asuransi total loss only ini menangani seluruh masalah kerusakan mobil kamu, namun tidak pada kasus kehilangan. Dan kata kehilangan ini mengacu kepada kondisi kendaraan ya. Jika mobil kamu sudah rusak parah, atau katakanlah 75%, dan sangat tidak memungkinkan lagi untuk diperbaiki.

Perbedaan antara suransi total loss only dengan all risk lainnya ialah bagian penawarannya. Tentu, penawaran harga dari asuransi total loss only ini jauh lebih ringan dibandingkan dengan yang all risk.

Walaupun jenis asuransi untuk mobil berbeda-beda untuk masalah keuntungan yang didapat ya pasti menguntungkan sekali, seperti di pembahasan halaman yang berjudul 6+ Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik yang sebeluknya pernah dibahas secata total mengenai asuransi kobil.

Oke, itulah dia tiga jenis asuransi mobil yang harus kamu tahu. Jadi, yuk benar-benar cari asuransi terpercaya, dan pilih jenis asuransi mobil yang kamu inginkan.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *