Etika Belajar Online Selama Pembelajaran Daring

 Etika Belajar Online Selama Pembelajaran Daring

wikiGo News Pendidikan– Nggak terasa banget ya, pandemic sudah setahun aja. Itu artinya, media pembelajaran dengan system daring juga sudah diterapkan dalam kurun waktu setahun. Waw, sebuah angka yang luar biasa. Selama setahun, tentu ada banyak hal yang berubah, mulai dari kebiasaan hingga pola hidup. Dan sebagai makhluk yang dinamis, tentu kita tidak memang dituntut untuk siap dalam kondisi apapun, termasuk pandemic. Meskipun kebiasaan dan pola hidup kita berubah, ada satu  hal yang nggak boleh boleh berubah, yakni etika. Karena bagaimanapun, yang namanya etika tentu tidak pernah kenal waktu dan tempat, pandemic atau tidak, di rumah atau tidak, dan lain sebagainya. Dan tampaknya, salah satu etika yang cukup simpang siur adalah ‘etika belajar online’.

Memang, etika belajar online terkesan merupakan sebuah tema yang biasa dan sederhana, namun tetap saja, masih banyak banget yang mengabaikan etika belajar online ini. Ntah itu yang disengaja atau tidak. Sehingga, nggak ada salahnya dong, jika kali ini kita membahas kembali, atau mereview kembali memori kita terkait etika belajar online ini.

Etika Belajar Online Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Jika kita ambil cakupan yang lebih luas, etika di sini juga bisa saja berlaku bagi kamu ketika menghadiri rapat ataupun mengikuti seminar. Dan rata-rata, etikanya sederhana banget kok, tapi sering diabaikan.

Datang tepat waktu

Di Indonesia, kita kenal dengan istilah ‘jam karet’ ya. Jadi, kalau sampai saat ini kamu masih juga menganut istilah tersebut, coba deh buat berubah. Cobalah buat lebih menghargai waktu. Mau sampai kapan Negara kita bakal ‘ngaret’ terus. Belajar ngaret, rapat ngaret, makan ngaret, semuang ngaret. Cobalah buat disiplin. Jadi, jangan pas sekolah atau kuliah offline aja on timenya, tapi usahakan, ketika belajar onlinepun kamu on time.

Karena on time ini menjadi sebuah kebiasaan loh. Kalau biasanya ketika offline kamu ke sekolah on time, maka saat sekolah dialihkan ke media dgital kamu juga bakalan on time, saya yakin itu. Jadi, stop deh buat menganut jam karet, nggak baik. coba deh buat lebih disiplin, karena gimanapun, ada banyak banget manfaat ketika kamu sudah disiplin. Salah satunya adalah lebih bijak dalam memanfaatkan waktu. Come on gais.

Menghidupkan kamera

Etika belajar online yang kedua adalah menghidupkan kamera. Hayo, siapa yang selama ini lebih sering, atau selalu mematikan kamera ketika belajar online. Kalau kamu sering melakukan hal tersebut, cobalah buat tidak melakukannya lagi. Karena ternyata, mematikan kamera ketika proses belajar online termasuk perbuatan tidak baik loh.

Bayangin aja, seandainya seluruh peserta belajar online mematikan kamera, trus gurunya pasti kayak ngejelasin sama benda mati, ia nggak sih. Nggak ada interaksi di sana. Kan kasian gurunya. Beliau yang mau ngajar, kesannya jadi kayak dikacangin. Yuk mulai sekarang, nyalakan kamera ketika belajar online ya.

Aktif

Etika belajar online yang berikutnya adalah aktif. Berusahalah untuk aktif, karena dengan demikian, proses pembelajaran akan menjadi lebih baik, dan guru atau dosen kamu yang mengajar akan merasa lebih dihargai.

Izin jika ingin melakukan sesuatu

Kadang, di tengah proses pembelajaran daring, ada beberapa hal yang meski kamu lakukan, misalnya haus ingin minum atau ingin ke kamar mandi. Maka, etika belajar online yang benarnya adalah dengan izin kepada guru yang mengajar, bukan malah mematikan kamera. Dan sampai saat ini, kebanyakan lebih memilih untuk mematikan kamera lalu pergi ya.

Bayangin deh, jika kamu main kabur aja, kemudian mematikan kamera, dan di saat kamu pergi, dosen atau guru mencari kamu, ingin bertanya sesuatu. Kan repot bro. Atau, kalau memang kondisi tidak begitu mengizinkan, kamu tetap bisa izin kok, yakni dengan memanfaatkan fitur chat dari aplikasi pembelajaran yang kaamu gunakan.

Itulah dia beberapa etika belajar online yang harus kamu terapkan sekarang juga. Ayo kita galakkan kembali moral dan etika kita di mana pun, termasuk ketika belajar online. Mulailah dari yang sederhana. Dmeikian, semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *