wikiGo News Pendidikan – Jika kita perhatikan, pola hidup masyarakat Indonesia terbilang cukup konsumtif dan tergolong sangat boros energy. Hal ini dapat kita lihat banyaknya yang meninggalkan rumah dalam kondisi lampu yang masih hidup, membuang-buang kertas, lebih suka membeli air mineral kemasan, menggunakan sedotan plastik ketika minum, hingga membuang uang kertas yang sebenarnya masih dapat digunakan kembali. Padahal, apabila kita berusaha untuk menghemat energi listrik sedikit saja, dan berusaha untuk tidak terlalu konsumtif dalam berbagai hal, misalnya dengan mengurangi penggunaan plastik kertas, dan lain sebagainya, kita sudah ikut berupaya dalam menjaga bumi loh. Hal ini karena setiap energi yang kita gunakna dan semua barang-barang yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dapat menghasilkan yang namanya emisi gas rumah kaca, sehingga bisa mempercepat proses pemanasan global yang bisa berdampak sangat buruk bagi seluruh makhluk hidup, dan bisa merubah temperatur udara, sehingga berdampak pada adanya perubahan iklim. Sampai saat ini, ada banyak sekali cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca loh. Kita bisa memulainya dengan hal-hal yang sederhana. Berikut beberapa cara mengurangi emisi gas rumah kaca yang bisa kamu mulai dari diri sendiri, keluarga, dan orang-orang terdekat.

Mengurangi frekuensi penggunaan kendaraan pribadi

Cara mengurangi efek dari emisi gas rumah kaca yang pertama ini terbilang sangat sulit diterapkan di Indonesia. Hal ini karena memang rata-rata masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan hal-hal yang simpel ketika berpergian, seperti menggunakan kendaraan ketika akan keluar rumah. Tentu sangat berbeda dengan masyarakat di negara lain ya, Jepang misalnya. Kita tahu, bahwa di Jepang, masyarakatnya lebih suka berjalan kaki ketimbang mengendarai kendaraan pribadi loh. Apabila kamu ingin pergi ke suatu tempat yang jaraknya tidak lebih dari 500 m, maka kamu bisa berjalan kaki saja, karena selain lebih ehat dan hemat, kamu juga bisa mengurangi efek dari emisi gas rumah kaca ini. Atau, kamu juga bisa menjadikan sepeda sebagai kendaraan pilihan ketika akan kemana-mana. Dengan menggunakan sepeda, kamu tidak perlu membuang-buang gas. Cara mengurangi emisi gas rumah kaca dengan mengrangi frekuensi penggunaan kendaraan pribadi lainnya adalah dengan memilih kendaraan umum ya.

Melakukan Efisiensi Energi

Cara mengurangi emisi gas rumah kaca yang kedua adalah dengan melakukan efisiensi energy. Kamu bisa melakukan hal-hal yang sangat sederhana dimulai dari rumah saja, misalnya dengan selalu mematikan lampu ketika memang tidak digunakan lagi, selalu memastikan perlengkapan elektronik kamu dalam keadaan dicabut ketika sudah tidak dipakai, memanfaatkan sinar matahari sebagai penerang dan juga mengeringkan pakaian dan lain sebagainya. Hal sederhana ini memiliki efek yang luar biasa bagi bumi kita. Maka, cobalah untuk membiasakan hal-hal tersebut mulai dari rumah saja ya. Apabila hal ini sudah mulai kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi life style, maka kamu akan terus membawanya kemanapun pergi, misalnya ketika di kelas, di kampus, dan lain sebagainya.

Mengurangi Penggunaan Minuman Kemasan dan Sedotan Plastik

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan ialah dengan mengurangi penggunaan minuman dalam kemasan dan juga sedotan. Apabila selama ini kamu lebih suka mengkonsumsi air minum dalam kemasan, maka cobalah untuk menguranginya. Kamu harus memulai membiasakan diri untuk selalu membawa tempat minum sendiri ya. Selain itu, kamu juga tidak harus menggunakan sedotan plastik ketika akan minum. Hal ini karena sedotan plastik bisa menghasilkan emisi karbon yang terbilang sangat besar. Atau, jika memang ingin tetap menggunakan sedotan, maka gunakanlah sedotan yang ramah lingkungan, misalnya dalah sedotan yang terbuat dari bamboo.

Selain beberapa cara mengurangi emisi gas rumah kaca di atas, masih ada berbagai cara lainnya yang bisa kamu lakukan kok, misalnya adalah dengan mengurangi penggunaan plastic dan menggunakan kertas yang memang masih dapat digunakan. Oke, sekian beberapa cara mengurangi emisi gas rumah kaca yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Yuk mulai mencintai bumi kita dengan sungguh. Semoga bermanfaat.