Dampak Positif dari Perkembangan Teknologi Informasi

2 min read

perkembangan teknologi informasi

wikiGo News Pendidikan –

Kehidupan kian berubah. Dan perubahan demi perubahan yang terjadi di dunia ini tentu tidak bisa melepaskan diri dari teknologi dan komunikasi. Sampai detik ini, sudah ada banyak sekali vase yang terlewati, dari yang manusia hanya berkomunikasi menggunakan alat seadanya, menulis di dinding-dinding gua, kehidupan yang nomaden atau masih beprindah-pindah, belum mengenal baca tulis, hingga vase dimana kita hidup di zaman yang serba canggih, perkembangan dunia digital bahkan membuat kita dapat melakukan apapun dari rumah, dengan mudah pula. Jika dulu media komunikasi masih dalam bentuk yang sangat kuno, maka kini sudah tidak lagi. Kita bahkan dapat menghubungi siapapun dengan mudah. Dengan berbagai perkembangan tersebut, kita dapat menyimpulkan, bahwa ada banyak sekali dampak positif dari perkembangan teknologi informasi.

Nah, berikut ini beberapa dampak positif dari perkembangan teknologi dan informasi yang sudah kamu rasakan sendiri.

Munculnya Berbagai Media Sosial

Dampak positif dari perkembangan teknologi dan komunikasi yang pertama adalah mulai bermunculan berbagai media social. Saat ini, keberadaan media social bukan hanya sebagai ajang hiburan, tapi juga dimanfaatkan orang untuk banyak hal. Misalnya, untuk menemukan teman yang memang sudah lost kontak dengan menelusuri berbagai media social. Atau, untuk berbisnis.

Sampai kini, bahkan nyaris seluruh pebisnis mulai berpacu menggunakna media social sebagai marketing mereka, karena memang, memasarkan dagangan ke media social jauh lebih menguntungkan daripada pemasaran biasa, atau offline. Hal ini karena dengan pemasaran online, maka pangsa pasar mana saja bisa kamu jangkau dengan mudah.

Sarana Berbagi File

Dampak positif dari perkembangan teknologi informasiyang kedua adalah dijadikan sebagai sarana berbagi file. Kamu tentu merasakannya dengan sangat jelas ya. Bahkan hanya dengan sekali tekan saja kamu sudah bisa mengakses dan mengirim file ke siapapun yang kamu inginkan. Hal ini tentu sangat menguntungkan kamu yang memang membutuhkan akses berbagai file untuk berbagai keperluan. Keperluan kerja misalnya.

Penyebaran Informasi yang Cepat

Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi berikutnya adalah persebaran informasi yang sangat cepat. Dulu, media penyampai informasi terbilang sangat lambat, kejadian hari ini bisa saja baru kamu terima kabarnya beberapa hari berikutnya. Berbeda jauh dengan saat ini. kamu bahkan bisa mengakses berbagai informasi dalam sekeja. Kejadian detik ini bahkan bisa langsung tersebar ke berbagai tempat, atau malah Negara lain.

Dapat Menghubungkan Semua Orang dengan Mudah

Dampak positif dari perkembangan teknologi informasi selanjutnya adalah memberikan dampak yang bersifat global, yaitu bisa membuat kamu terhubung dengan orang lain yang lokasinya ntah dimana, selagi orang tersebut masih memiliki koneksi internet. Komunikasi yang kamu jalin juga hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat, alias sekejap mata. Sehingga, jika memang ada kabar yang mendadak, kamu bisa segera menghubungi atau justru  dihubungi.

Memajukan Dunia Pendidikan

Dahulu, semua anak-anak di belahan bumi belajar hanya dengan menggunakan buku. Selain harganya yang mahal, media belajar satu ini juga terbilang cukup mahal harganya, dan hanya bisa dimiliki oleh anak-anak yang memiliki ekonomi sangat baik. Tapi kini, anak-anak sudah bisa belajar dari berbagai media, terutama di Google. Dengan bermodalkan uang yang tidak begitu banyak, anak-anak sudah bisa mengakses pelajaran mereka di berbagai media, sehingga sangat membantu anak-anak dalam belajar.

Itulah dia beberapa dampak positif dari perkembangan teknologi informasi. Bagaimanapun, di balik kelebihan dan dampak positifnya, ada berbagai kekurangan dan dampak negative dari perkembangan ini, sehingga ketika ingin menggunakan dunia digital, kamu meski bisa menggunakannya dengan bijak, jangan sampai, canggihnya teknlogi bukan membuat kamu berkembang, tapi malah sebaliknya.

Dampak negative inilah yang kemudian membuat semua orangtua meski benar-benar memantau penggunaan ponsel anak-anaknya, sebab jika dibiarkan menggunakan ponsel tanpa pendampingan, tentu akan sangat berbahaya terhadap mental anak, apalagi yang namanya media digital tentu sangat rawan terhadap berbagai tindak kejahatan.

Baca juga yuk Ponsel Keluaran Lokal yang Mampu Bersaing

Semoga bermanfaat dan membuat kita lebih bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, kapanpun dan dimanapun. Gunakan perkembangan teknologi komunikasi dengan baik, tepat, dan benar.

Pahlawan Nasional yang…

ayahmak
2 min read

Pahlawan Nasional Wanita…

ayahmak
2 min read

Dua Sikap Menghargai…

ayahmak
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 wikigo.id News latest information