Yuk Kenalan dengan Material Conwood dan Kelebihannya

 Yuk Kenalan dengan Material Conwood dan Kelebihannya

bangunan.web.id

wikiGo News Pendidikan- Di tengah maraknya pembangunan-pembangunan besar di Indonesia, ada banyak sekali industri yang mulai dikembangkan. Hal ini demi memenuhi kebutuhan pasar yang kian meningkat. Dan tentu, salah satu industri yang kerap melakukan perkembangan dan inovasi adalah dunia konstruksi. Di mana, industri ini memang dituntut untuk bisa menghadirkan material-material yang berkualitas, sehingga bisa memberikan dampak yang baik bagi sebuah bangunan.

Salah satu material hasil inovasi di bidang kondstruksi adalah conwood. Jadi, material ini dikembangkan karena adanya kegalauan dan juga kegelisahan terkait dengan alam di Indonesia. Kita tahu, bahwa di Indonesia sudah mulai banyak sekali hutan hutan yang ditebangi, sehingga alam tidak lagi memiliki pohon yang bisa menahan atau menyerap air ketika hujan.

Dan mungkin, inilah alasannya Kenapa setiap tahunnya ada beberapa daerah di Indonesia yang memang langganan banjir. Nah, hal ini bisa terjadi karena memang kita sudah tidak lagi mempunyai hutan. Dari kegalauan inilah kemudian mulai muncul material bernama conwood yang hadir untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia. Sampai saat ini, material ini sudah banyak kok digunakan oleh masyarakat kita, terutama di daerah-daerah atau di kota-kota besar.

Pengertian Conwood

Kita tidak bisa memungkiri, bahwa ternyata masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum mengetahui material ini. Hal ini mungkin karena memang keberadaannya belum sepopuler material kayu, meskipun saat ini conwood sudah digadang-gadang sebagai salah satu material yang beberapa tahun lagi akan menandingi atau bahkan mengalahkan keberadaan material kayu. Hal ini bisa terjadi jika  masyarakat kita sudah mulai sadar akan pentingnya memilih material yang benar-benar ramah terhadap lingkungan, sehingga tidak akan ada kerusakan ekosistem.

Conwood berasal dari 2 kata, yaitu con yang artinya tipuan dan juga wood yang artinya kayu. Maka, jika kita artikan secara literal atau tekstual, maka conwood Ini mengandung arti kayu tipuan. Kenapa sih harus dikatakan sebagai kayu tipuan. Mungkin, sebagai di antara kamu ada yang bertanya seperti itu ya. Maka, jawabannya sederhana kok, yakni karena memang material ini dibuat dengan corak yang mirip seperti kayu dan bentuknya juga nyaris seperti kayu.

Di tengah maraknya penggunaan kayu, maka kamu harus bisa mulai merangkul orang-orang yang masih beranggapan bahwa kayu adalah satu-satunya material yang paling tepat untuk digunakan. Kamu harus bisa mensugesti kepada mereka, bahwa kayu tidak selamanya bisa digunakan untuk membuat sebuah bangunan, karena saat ini saja kita sudah mulai kesulitan untuk mendapatkan kayu-kayu yang berkualitas.

Sehingga, ada beberapa perusahana produksi kayu yang sudah menebang kayu yang masih berusia muda hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar. Hal-hal seperti ini sudah seharusnya mulai kita sadari. Sederhana memang, namun dampak yang ditimbulkan sangat berbahyaa bagi semua pihak.

Keunggulan Conwood

Nah dari tadi kan kita ngobrolin conwood ya, apa sih sebenarnya conwood ini dan apa saja kelebihannya. Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih harus pilih conwood, apa aja sih keunggulan dari material ini.  

Salah satu alasan terbesar mengapa kamu harus mulai menggunakan conwood adalah mengingat kondisi bumi kita ya. Jika hutan kita terus ditebangi seperti ini, maka keadaan kita sebagai makhluk hidup akan terus terancam.

Bayangkan, jika saja hutan hutan ditebang, maka hewan-hewan yang ada di hutan akan mencari tempat perlindungan yang lain. Mereka akan mulai memasuki pemukiman warga karena sudah tidak lagi mempunyai tempat tinggal.

Alasan lainnya mengapa kita harus mulai menggunakan conwood adalah karena memang conwood juga mempunyai berbagai keunggulan, yang pertama adalah anti rayap. Dengan memilih material yang anti rayap, tentu akan sangat memberikan manfaat kepada kamu selaku pengguna.

Kelebihan kedua adalah material ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Maka, jika kamu hanya memiliki basic atau keterampilan sederhana terkait tukang-tukang, hal tersebut sudah cukup kok, kamu sudah bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk memasang conwood  itu sendiri.

Demikian beberapa hal penting terkait conwood yang memang harus kamu tahu. Mulai sekarang, yuk ramai-ramai mengganti kayu dengan material yang lebih baik.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *