wikiGo News Bisnis – Digital marketing secara langsung akan mengubah paradigma dunia kepenulisan dengan berkembangnya profesi content writer. Literasi Indonesia memang belum berkembang menuju ke arah yang menjanjikan. Dari tahun ke tahun, penulis-penulis tanah air tumbuh lalu gugur sekejap. Yang bertahan adalah sedikit orang yang dengan passion besar dan memiliki keberuntungan yang nyata. Permasalahan paling utama dari kerapuhan perkembangan dunia literasi berupa ketiadaan jaminan finansial terhadap penulis selain minat baca yang masih rendah.

Memasuki era digital, para penulis mencoba menemukan hal-hal baik di dalamnya. Banyak yang memasarkan tulisan atau buku mereka secara online, mengikuti lomba-lomba penulisan, mengirim naskah ke media masa dan portal-portal berita. Kelihatan cukup berhasil. Tetapi dengan cara seperti itu tidak terlalu menjamin karena mereka tidak bisa mengirimnya setiap hari dan terbit setiap saat. Lalu, beberapa di antara sekian banyak penulis akhirnya menemukan fakta bahwa sebenarnya mereka bisa menyalurkan bakat dan keahlian mereka ke dalam digital marketing. Dari situ, content writer kemudian menjadi sebagai sebuah profesi.

Apa itu penulis konten?

Content writer atau penulis konten adalah penulis yang menghasilkan tulisan berupa informasi, promosi, pengetahuan, hiburan, iklan dan berbagai bentuk tulisan untuk disajikan ke dalam dunia digital. Konten sangat berkaitan dengan digital. Ketika banyak hal, banyak bisnis dan usaha,serta banyak informasi mendapat ruang lebar pada ranah digital dan platform online maka membutuhkan konten sebagai bahasa penyampaiannya. Kaitan antara maarketing online dengan konten sangat erat.

Jenis konten

Ada kesalahpahaman bahwa konten adalah artikel. Tidak demikian. Artikel hanya salah satu bentuk penulisan konten. Berikut jenis konten yang sedang trending akhir-akhir ini.

  1. Website atau Blog.

Blog dan website mungkin satu konten paling populer. Orang membuat blog untuk berbagai keperluan termasuk untuk berbisnis. Konten jenis ini selain populer juga paling mudah untuk ditulis karena materinya tergolong mudah. Bahkan banyak blog yang hanya memuat opini penulis. Saat ini, blog sudah memiliki penghasilan dan bahkan berhasil menjadi salah satu platform bisnis yang menjanjikan. Para pemilik blog sudah bisa menyewa jasa penulisan untuk mengisi blog mereka. Jenis tulisan yang biasa terdapat di blog adalah artikel, opini dan essai.

  • Wawancara Ahli

Konten ini mirip pekerjaan jurnalis karena menyangkut hasil wawancara dari ahli-ahli tertentu. Informasi yang diperoleh dari wawancara ini disajikan dalam bentuk tulisan secara online. Narasumber adalah orang yang benar-benar paham di bidang yang menjadi tujuan sebab hasil yang diharapkan nanti berupa konten valid untuk rujukan banyak orang. Seorang content writer harus memahami setidaknya kaidah dasar jurnalistik jika hendak membuat konten jenis ini.

  • Review

Review atau tinjauan umumnya bertujuan untuk membahas suatu produk baik barang atau jasa dengan menampilkan sudut pandang subjektif penulis. Jenis konten ini berguna untuk orang-orang yang hendak mengetahui sebuah hal sehingga mereka melakukan pencarian di internet tentang tinjauan terhadap hal itu.

  • Studi kasus

Studi kasus merupakan sebuah hasil penulisan untuk mengungkapkan langkah-langkah tertentu yang diambil oleh seseorang atau sebuah perusahaan dalam menangani sebuah situasi. Jenis informasi semacam ini bernilai karena orang ingin mengetahui mengapa orang itu atau perusahaan itu mampu bertahan misalnya dari sebuah kebangkrutan dll.

Dari penulis biasa menjadi content writer

Perbedaan antara penulis dengan penulis konten adalah seorang penulis umumnya menulis sesuai passion, gaya bahasa, materi dan model tulisan yang dikuasai. Sementara itu, penulis konten penulis yang mampu membuat konten. Tidak semua penulis bisa menjadi penulis konten karenaa dalam menulis konten seseorang harus mampu menguasai banyak teknik penulisan.

Seorang penulis yang terjun ke dunia content writing harus mau menambah wawasannya, meletakan idealisme penulisannya, sehingga bisa menulis sesuai tujuan dari konten. Pada faktanya, menulis konten lebih sulit daripada kebanyakan jenis penulisan. Konten yang bagus memiliki landasan berpikir, pengumpulan data serta pengolahan data sebelum menyajikannya ke dalam bentuk tulisan.

Profesi content writer

Tahun 2021, kebutuhan akan konten semakin pesat.  Hal ini menimbang perkembangan digital marketing. Banyak bisnis konvensional mulai beralih ke bisnis online, banyak jenis usaha dipromosi secara online, perusahaan-perusahaan membutuhkan konten untuk mengenalkan produk mereka. Untuk itu, content creator adalah langkah bagus bagi para penulis untuk menyalurkan bakat dan keahlian mereka.