Trending :

China Bangun Pangkalan Militer di Indonesia!, Ujar Komisi I

1 min read

China Bangun Pangkalan Militer di Indonesia!, Ujar Komisi I

wikiGo News Militer – Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin Angkat Bicara Soal Pernyataan dari kementrian pertahanan Amerika Serikat (AS) Yang menyebutkan Soal Rencana ChinaYang Bakal membangun pangkalan militernyadi sejumlah negara, Salah satu negara yang disebutkan yaitu Indonesia. Menurut dari Anggota DPR I Hasanuddin, Kita harus memahami beberpa hal soal ini.

Hasanuddin Menyebutkan, “Pertama, Pemberitaan Ini didasaridari sebagian besar data pada Dokumen Laporan Tahunan Kementrian Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) Kepada Kongres Pada 2 September 2020 kemarin, Ujar Hasanuddin dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi wikigo.id.

Menurut dari dokumen tersebut, Kata Hasanuddin, Pada halaman 198-199 tercantum analisa Pentagon, Yang menyebutkan bahwa PLA (Militer China) Mempertimbangkan untuk membangun Fasilitas dukungan logistik Untuk PLAdi beberapa negara,Seperti di Myanmar, Thailand, Singapura, pakistan, Srilangka, United Arab Emirates Kenya, Sisilia, Tanzania, Angola, Tajikistan dan Juga indonesia.

“Kemungkinan ini merujuk pada adanya pangkalan Logistik PLA Yang ada di Djibout yang sudah diresmikan pada 2017 Lalu dan dioprasikan oleh angkatan laut PLA,Ujar Hasanuddin.

Loading...

Politis PDi- Perjuangan Asal Jawa Barat Tersebut juga menambahkan, Pemerintah Chin sendiri Mengklaim Bahwa pangkalan di Djibouti Tersebut diuat Untukmendukung dari misi Perdamaian PBB di Afrika.

Kemudian, Yang kedua yaitu mengenai Potensi pembangunan fasilitas logistik Militer PLA di indonesia.

China Membangun pangkalan militer di Indonesia mungkin terjadi, Tapi Itu juga perlu digaris bawahi Bahwa hal tersebut berlawanan dengan prinsip utam politikluar negri bebas aktif yang di anut Indonesia dari dulu.

“Pendirian Untuk pangkalan Militer dari negara asing hanya mungkin dilakukan dengan kerja sama aliansi pertahanan penuh. Meski demikian, sistem dari aliansi perthanan tersebut tidak memungkinkandalam konteks politik luar negri bebas aktif kita, Ujarnya.

Loading...

Namun Sebelumnya, departemen Pertahanan amerika serikat pernah mengungkapkan bahwa militer China Berusaha membangun jaringan logistik yang mencakup sebagaian besar wilayah Samudra Hindia. Pentagon Membenarkan Data Ini yang mengambil dari data tahunan kepada Kongres AS Yang berisi Peta kekuatan Militer China.

Laporan setebal 200 Halaman Yang berjudul, Perkembangan Militer dan keamanan Republik Rakyat China 2020, Itu menjelaskan Bahwa China sudah menjadikan Myanmar, Thailand, Singapura, indonesia, pakistan, sri langka dan negara-negara lainnya yag berada di Afrika dan Asia Tengah sebagai Lokasi Fasilitas Logistik Militer.