Cara Mudah Mengatasi Ruang Penyimpanan yang Penuh

 Cara Mudah Mengatasi Ruang Penyimpanan yang Penuh

wikiGo News Gadget-

Salah satu permasalahan yang cukup menyebalkan bagi pengguna android adalah penyimpanan yang penuh. Hal ini biasanya terjadi pada ponsel yang sudah berusia lebih dari satu hingga dua tahun. Kasus ruang penyimpanan penuh hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Jika kamu pernah merasakannya, tentu merasa sangat jengkel ya. So, apabila saat ini kamu sedang mengalami masa-masa menjengkelkan dari ponsel kamu. Maka, kamu bisa mengatasinya dengan cara mudah mengatasi ruang penyimpanan penuh berikut ini.

Cara Mudah Mengatasi Ruang Penyimpanan yang Sudah Penuh

Setiap hp mempunyai kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda dengan RAM dan ROM yang juga berbeda. Dulu, ponsel dengan ukuran RAM 2 GB sudah dianggap cukup besar dalam menyimpan berbagai jenis file dan aplikasi. Namun sayangnya, kini angka 2 GB tersebut seolah tidak lagi berarti, karena semua vendor ponsel mulai mengeluarkan produk mereka dengan RAM paling tidak 4 GB.

Apabila ponsel kamu masih memiliki RAM 2 GB, tentu akan sangat sulit untuk menyimpan berbagai file ya, sehingga cara mengatasi ruang penyimpanan penuh berikut ini pasti sangat berguna bagi kamu. Yik simak penjelasannya berikut.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Cache

Cara mengatasi ruang penyimpanan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendownload aplkasi pembersih cache, yakni Aplikasi Cleaner. Aplikasi ini berfungsi agar ponsel kamu bisa maksimal dari berbagai hal, mulai dari performasnya, hingga menghapus cache.

Bahkan, aplikasi keren ini juga bisa menghapus cache otomatis, sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan penghapusan secara manusia. Dengan menggunakan aplikasi ini, masalah ruang penyimpanan ponsel kamu yang sudah sekarat bisa tertolong dengan sangat mudah. Selain itu, aplikasi ini juga akan membuat kamu lebih hemat dalam mengatasi permasalah ruang penyimpanan.

Untuk mendapatkan aplikasi cleaner ini, kamu bisa mendownloadnya di plasy store ya.

Hapus Cache Aplikasi

Cara mengatasi ruang penyimpanan yang pertama memberikan pilihan kepada kamu untuk mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan aplikasi, sementara cara kedua ini tidak. Kamu bisa mengatasi permasalahan dengan menghapus cache aplikasi tapa bantuan aplikasi apapun. Ketika kamu sedang menjalankan sebuah aplikasi, maka aplikasi yang kamu gunakan pasti akan menyimpan berbagai data.

Dimana, data-data inilah yang akan kita sebut sebagai cache. Semakin sering kamu menggunakannya, maka akan semakin cache yang tersimpan, yang jika terus kamu tumpuk akan memenuhi penyimpanan.

Atau, kita juga dapat mengatakan, bahwa cache merupakan sampah ketika kamu menggunakan aplikasi. Dan hal yang paling menyebalkan adalah, ternyata file cache yang terus menumpuk akan terus memakan penyimpanan yang besar, bahkan ukurannya bisa samai ratusan Mb loh.

Kamu tentu tidak ingin ponsel kamu harus kekurangan ruang hanya karena cache yang menumpuk. Maka, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Pertama, silahkan buka menu setting di ponsel, kemudian pilih penyimpanan. Nah di sana, kamu bisa memilih data dalam cache. Klik saja, maka akan secara otomatis seluruh cache terhapus.

Cek Data Aplikasi Perpesanan 

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh berikutnya adalah dengan mengecek data aplikasi perpesanan. Data aplikasi perpesanan ternyata akan secara otomatis mengunduh berbagai file dan dokumen ke ponsel kamu, dimana, jika hal ini terus dibiarkan tentu akan berakibat pada ruang penyimpanan yang terus menipis.

Maka, agar kamu bisa menggunakan penyimpanan menjadi sesuatu yang berguna, kamu bisa memeriksa seluruh data-data pada aplikasi perpesanan di ponsel kamu dengan memanfaatkan aplikasi file manager.

 Caranya sangat mudah. Buka aplikasi file managernya, kemudian masuk ke folder aplikasi yang akan kamu hapus, dan silahkan hapus saja semua file yang tidak lagi kamu butuhkan. Hal ini perlu kamu perhtikan ya, karena bias saja, ruang penyimpanan ponsel kamu yang terus penuh tersebut disebabkan oleh aplikasi perpesanan, terutama WA.

Oke, itu dia beberapa cara mengatasi ruang penyimpanan yang penuh. Selain cara di atas, masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan. Hanya saja, cara yang terbilang ampuh untuk mengatasi penyimpanan penuh ya cara-cara di atas. Semoga bermanfaat ya.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *