Cara Mudah Membuat Karya Seni Dekoratif

wikiGo News Pendidikan– Halo pembaca setia WikiGo. Kali ini kita akan mengulas seputar cara mudah membuat karya dekoratif ya. Materi ini merupakan materi yang akan kamu temukan di kelas Tiga. Sebelum kita membahas cara mudah membuat karya dekoratif nya, kamu harus tahu dulu beberapa hal tentang dekoratif ya. Mulai dari pengertiannya, contoh karya dekoratif, ciri-cirinya, jenis, hingga tujuan, baru yang terakhir kita belajar terkait cara membuatnya. Kita bahas satu-satu ya.

Ornament ataupun dekorasi mempunyai tujuan untuk membuat sebuah bagian menjadi sangat menarik dan lebih hidup, seperti sebuah tembok di jalanan, ataupun objek lainnya. Ornament ini akan dibuat dengan melewati proses lukis ataupun ukir dari kayu, logam, hingga batu. Yang kemudian dibentuk dengan menggunakan tanah liat.

Kini, sudah ada lumayan banyak sekali gaya seni dekoratif yang bisa kamu temukan. Bahkan, motif-motifnya juga sudah dikembangkan demi kepentingan arsitektur dan juga seni terapan, termasuk di dalamnya ada mebel, tembikar, logam. Nah, seni rupa yang saat ini kita bahas merupakna seni rupa yang alirannya dekoratif, yakni seni rupa yang lebih memperlihatkan bentuk yang sederhana namun tetap terlihat indah.

Nah, karya seni dekoratif ini sangat mudah untuk dikenali, karena ciri-cirinya sangat jelas. yakni mempunyai sifat kegarisan, ritmis pewarnaan, berpola, dan juga rata, dan untuk secara umum, karya dekoratif ini memiliki kecenderungan yang cukup kuat ketika akan menghias sesuatu.

Tokoh Pelukis Dekoratif

Ketika kita membahas sebuah permasalahan atau materi, tentu kita tidak bisa melepaskan diri dari tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya. Karena memang, tiap bidang pasti mempunyai masterpeacenya masing-masing. Seperti ketika kita membahas lampu, maka kita tidak akan bisa melepaskan diri dari membahas tentang siapa sih yang menciptakan lampu ini.

Dan hal ini sama seperti saat kita tengah membahas tentang karya seni dekoratif. Maka, kita juga akan membahas dan menemukan tokoh-tokoh di dalamnya. Nah, tokoh pelukis karya seni dekoratif ini ada I Gusti Made, Kartono Yudousumo, I Gusti Ketut Kobot, Deblog, dan masih ada yang lainnya. Ketika melihat dan menikmati karya seni dekoratif mereka, maka kita seolah dibawa ke sebuah kenikmatan seni yang luar biasa. Karena memang karya-karya mereka luar biasa.

Tujuan Seni Dekoratif

Karya seni dekoratif ini mempunyai tujuan yang jelas, yakni untuk menambah kesan indah dengan karya seni lukis. Dan bahkan, karya seni satu ini terbilang sangat mudah untuk dicerna oleh siapapun yang melihat dan menikmatinya. Contoh karya seni dekoratif yang sering kamu temukan adalah karya seni dekoratif yang termasuk kategori geometris. Hal ini bisa kita lihat dari ragam hiasnya dari tiap daerah yang ada di Indonesia.

Cara Mudah Membuat Karya Seni Dekoratif

Nah, setelah kita mebahas seputar hal-hal yang berkaitan dengan karya seni dekoratif, kini saatnya kita untuk membahas bagaimana sih cara mudah membuat karya seni kece satu ini . Oke, stay tune ya. Kita akan bahas cara mudah membuat karya seni dekoratif nya sekarang.

Tentukan Konsep Media yang Akan Digunakan

Cara mudah membuat karya seni satu ini adalah, yang pertama adalah dengan menentukan konsep media yang akan digunakan terlebih dahulu. Untuk cara pertama ini bisa kamu lakukan dengan cara menyesuaikannya dengan Kompetensi Dasar, Standar Kompetensi, Indikator, dan lain sebagainya.

Menyediakan alat dan bahan

Jika telah menentukan konsepnya, maka cara mudah membuat karya seni dekoratif berikutnya adalah dengan menyediakan alat, bahan, yang akan kamu gunakan. Dan untuk alat serta bahan-bahan yang akan digunakan ada kertas HVS warna, kertas HVS putih yang polos, lem, gunting, spidol pewarna, hiasan, drawing pen, pensil. Kertas warna ukuran A Tiga. Kamu juga bisa menggunakan kertas karton ya.

Proses pembuatan media

Cara mudah membuat lukisan dekoratif selanjutnya ialah dengan mulai memproses pembuatan medianya.  Pertama, kamu bisa mencari dulu materi mengenai gambar dekoratifnya, kemudian, buatlah tulisan terkait pengertian karya seni ini, kemudian cantumkan alat dan juga bahan yang kamu gunakan, dan buat juga prosesnya. Lalu buatlah gambar secara urut terkait dekoratif batik di kertas yang sudah kamu gunakan, yakni kertas HVS yang polos.

Baca juga Tips Merawat Mobil, Tips Buat Kamu yang Belum Punya Garasi

Oke, sekian informasi seputar karya sen keren satu ini. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *