Cara Meredam Emosi yang Sederhana, Bisa Kamu Coba

 Cara Meredam Emosi yang Sederhana, Bisa Kamu Coba

wikiGo News Pendidikan- Sebagai manusia, tentu, ada waktu atau saat-saat dimana kita ingin marah, merasa jengkel. Kesal, atau benci terhadap sesuatu. Dengan waktu dan tempat yang tidak bisa direncanakan. Jelas ya. Dan biasanya, hal-hal yang membuat kita emosi juga sangat beragam, misalnya karena jalanan macet panjang yang menyebabkan terlambat sampai ke kantor, piring kesayangan pecah nggak sengaja kesenggol anak di rumah, dan lain sebagainya. Kondisi-kondisi sederhana ini kerap menjadi alasan mengapa kita merasa emosi. Dan hal yang perlu kamu tahu, bahwa apapun penyebab emosimu, maka bersikaplah bijak dengan cara meredam emosi. Kamu bahkan harus bisa mengendalikan diri, meredam secepat mungkin emosi yang melanda. Hal ini agar kemarahan kamu nggak sampai menimbulkan masalah baru.

Cara meredam emosi dengan cepat

Sebagai seseorang yang memiliki rasa, maka emosi adalah sesuatu yang wajar sebenarnya, asalkan kamu benar-benar bisa mengendalikannya. Lah kalau nggak bisa pasti buat kacau ya. Ketika kamu sedang merasa emosi sudah sampai ke ubun-ubun, maka tekanan darah kamu biasanya naik. Hal ini karena jantung kamu meski mmeompa darah jauh lebih cepat, dan bahkan sudah nggak beraturan. Dan kadang-kadang, kondisi inilah yang membuat kamu ngerasa nyedi di dada ketika marah, sesak nafas, ataupun pusing. Atau bahkan ada dampak buruk lain yang ditimbulkan.

Maka, supaya dampaknya tidak merembet kemana-mana, kamu harus tahu cara meredam emosi ini. Jangan sampai deh, masalah yang harusnya bisa diselesaikan malah nambah masalah. Kan repot banget tuh. Jadi, yuk langsung simak saja cara meredam emosi berikut.

Tarik Nafas Dalam-dalam

Cara meredam emosi yang paling pertama adalah dengan menarik nafas dalam-dalam. Kelihatannya sederhana banget ya,  tapi siapa sangka kalau dampaknya tuh luar biasa. Asli, cara meredam emosi satu ini sudah dibuktikan dengan peneltiian kok. Jadi gini, ketika kamu sedang dalam kondisi marah, maka tubuh kamu pasti tegang, sehingga butuh dirilex-kan kembali.

Maka, cara merilekskannya adalah dengan tarik nafas dalam-dalam. Karena ternyata, menghirup udara lebih banyak tuh bisa membantu tubuh kamu dalam mengatasi ketegangan. Cara meredam emosinya juga gampang banget. Cukup tutup mata kamu perlahan, kemudian tariklah nafas dalma-dalam, hirup oksigen sebanyak-banyaknya melalui hidung, dan hempaskan menggunakna mulut. Kamu bisa melakukan cara ini sebnayak tiga sampai lima kali. Sampai kamu benar-benar sudah membaik.

Merilekskan otot-otot yang tegang

Cara lain yang bisa kamu untuk meredam emosi adalah dengan merilekskan otot-otot yang tegang. Sebagaimana sudah disinggung di atas, bahwa ketika kamu sedang emosi, maka tubuh akan menjadi tegang. Nah, agar tubuh kembali normal, kamu meski merilekskannya kembali. Caranya juga gampang banget, seperti menggerak-gerakkan bahu kamu dari depan ke belakang, atau memutar leher. Gerakannya fleksibel kok. Apapun gerakan yang bisa membuat oto kamu kembali normal, maka lakukan saja.

Jalan-jalan Sebentar

Jika kamu memang merasa benar-benar marah, maka cobalah untuk beridir, dan menyusuri jalanan. Kamu harus bisa dulu menghindari sumber emosi tadu. Kamu bisa berjalan santai, sehingga bisa melepaskan hormone bahagia suapaya kamu bisa rileks kembali.

Berwhudu

Cara yang selanjutnya adalah berwhudu. Cara meredam emosi satu ini berlaku buat kamu yang muslim ya. Jadi ternyata, Islam juga sudah mengatur sedemikian rupa, bagaimana pemeluknya harus berprilaku ketika tengah emosi. Nah dikatakan dalam hadis, bahwa ketika kamu marah dalam kondisi berdiri, maka silahkan duduk.

Jika kamu dalam keadaan duduk, maka kamu bisa berbaring, jika belum juga reda, maka silahkna berwhudu. Dan air whudu tersebut bisa meredam emosi kamu. Luar biasa. Kamu bisa banget dong mengingat poin penting ini. Karena hanya dengan melakukan hal yang sederhana saja sudah bisa membantu kamu dalam meredam emosi. Apalagi, yang namanya emosi kan datangnya dari syaithan, sehingga sangat wajib untuk kita hindari.

Jadi, itulah dia beberapa cara meredam emosi yang bisa kamu coba. Mulai sekarang, jangan mudah teruslut emosi ya. Tapi jika memang sudah terlanjur, maka silahkan terapkan cara meredam emosi di atas. Demikian. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *