Empat Cara Merawat Rantai Motor yang Wajib Kamu Perhatikan

 Empat Cara Merawat Rantai Motor yang Wajib Kamu Perhatikan

otomotif.kompas.com

wikiGo News Otomotif –

Sebagai pengendara motor, ada berbagai elemen motor yang harus kamu perhatikan dengan baik. Karena jika tidak, tentu akan berakibat fatal. Baik terhadap kamu sebagai pengendara, pengguna jalan, ataupun terhadap kendaraan itu sendiri. Kan sayang banget, sudah beli mahal-mahal malah cepat rusaknya. Nah, salah satu bagian motor yang harus kamu perhatikan adalah rantai. Pentingnya merawat rantai ini membuat kamu harus mengetahui cara merawat rantai dengan baik dan benar. Perhatikan penjelasannya berikut ya.

Cara Merawat Rantai Motor yang Tepat

Bagi pemilik motor, rantai motor tidak boleh dispelekan. Karena ternyata, rantai motor mempunyai kegunaan yang sangat penting, yakni untuk meneruskan putaran mesin menuju roda belakang. Jika rantai rusak, maka motor tidak akan bisa melaju sempurna. Bahkan, bisa menimbulkan berbagai risiko, terutama risiko kecelakaan. So, yuk simak empat cara merawat rantai motor berikut ini.

Rajin membersihkan

Cara merawat rantai motor yang pertama adalah dengan rajin-rajin membersihkan rantai motor. Hal ini harus semakin intens kamu lakukan, terutama ketika cuaca sedang hujan ataupun musim panas, karena bisa saja ada banyak debu yang menempel pada rantai. Maka, kamu harus bisa menjadwalkan diri untuk membersihkan rantai motor ya. Karena dengan rajin-rajin membersihkan rantai motor, maka rantai motor kamu akan jauh lebih tahan lama, awet, dan memiliki performa yang terus terjaga.

Memeriksa tegangan rantai


Cara merawat rantai motor yang kedua ialah dengan selalu memeriksa tegangan rantai. Jangan sampai rantai motor kamu tegangannya tidak stabil, yakni terlalu kendor, ataupun terlalu ketat. Dan biasanya, setiap motor mempunyai jarak yang berbeda-beda, dan umumnya hanya sekitar 20-30 mm  sampai 25-35 mm. Agar rantai motor tetap awet, maka kamu harus memeriksa dan juga menyetel rantai motor kamu dengan teratur.

Menggunakan gigi kir yang berkualitas

Cara merawat rantai motor yang selanjutnya ialah dengan menggunakan gigi kir yang berkualitas. Kamu harus bisa menyesuaikan gigi kir sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang telah ditentukan oleh pabrik. Hal ini karena tiap vendor motor pasti telah memberikan hitungan pasti terkait rasio gigi untuk mesin yang kamu gunakan, sampai bagian reduksi pergerakan rodanya.

Sehingga, jika kamu menggunakan gigi kir yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah  ditentukan, tentu akan membuat rantai cepat rusak.

Memperhatikan pelumas

Yang terkahir harus kamu lakukan ialah dengan memperhatikan pelumas yang kamu gunakan. Bagaimanapun, rantai tetap tidak ada artinya jika tanpa pelumas. Kamu tentu sudah tahu ya. Hal ini karena pelumas mempunyai manfaat tersendiri bagi sebuah rantai.

Tujuan utamanya ialah membuat rantai motor kamu akan terus awet untuk digunakan, dan juga sebagai pelumas rantai, hinga menuju celah mata rantainya. Fungsi lain dari memberikan pelumas ini adalah membantu rantai agar tetap bersih dari berbagai kotoran, mulai dari debu, lumpur, dan yang lainnya

Pentingnya pelumas bagi sebuah rantai motor tentu mengharuskan kamu untuk memilih jenis pelumas yang berkualitas. Kalau bisa, carilah pelumas yang berkualitas tinggi yang sesuai dengan kondisi motor kamu. Dan jangan sekali-kali memberikan pelumas yang sudah bekas ya.

Karena pelumas bekas hanya akan menambah masalah baru bagi rantai motor kamu, bukan malah membuatnya awet.

Jadi, itulah dia empat cara merawat rantai motor yang harus kamu perhatikan. Memang, letaknya rantai motor agar sulit untuk dijangkau dan diperhatikan, namun, kamu tetap harus menyisihkan waktu untuk mengeceknya ya.

Buatlah jadwal khusus untuk melakukan pengecekan. Dan ikuti beberapa perawatan di atas, agar rantai motor kamu bisa bertahan dalam waktu yang lama. Selain memberikan efek keselataman, dengan merawat rantai motor juga akan membuat kamu hemat pengeluaran loh.

Uang yang harusnya untuk memperbaiki rantai dapat kamu alokasikan ke dana lainnya yang kiranya lebih penting. Maka, mulailah untuk mmerawat rantai motor secara baik dan benar. Jangan sampai, karena rasa malas kamu merawatnya malah menimbulkan kerusakan pada rantai motor dan menyebabkan kecelakaan. Yang pasti akan sangat merugikan banyak pihak. Jangan sampai ya.

Yuk mulai rawat rantai motor kita dengan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *