Cara Merawat Charger HP dengan Baik dan Benar

 Cara Merawat Charger HP dengan Baik dan Benar

sony-asia.com

wikiGo News Gadget– Tulisan kali ini termasuk salah satu tulisan yang ringan banget tapi dampaknya luar biasa loh. Memang, perkara charger hp adalah perkara biasa, alias B aja. Namun, jika kamu kerap asal-asalan, tentu akan merugikan kamu. Termasuk jika kamu tidak tepat dalam merawat charger HP. Selama ini, ada banyak yang ngeluh masalah chargernya cepet rusak, sering bermasalah, dan lain sebagainya. Tentu, hal ini diakibatkan oleh kamu yang tidak tahu cara merawat charger HP dengan baik dan benar.

Meski sangat sederhana, namun masih banyak banget loh yang kayak ‘spele aja’ gitu sama kondisi charger. Padahal, semakin sering charger rusak, itu artinya semakin sering kamu harus ngeluarin duit buat ganti charger. Come on gais, nggak mungkin banget kan kalau kamu harus ngabisin duit Cuma buat ganti charger doang. Oke, daripada berlama-lama, kamu bisa kok merawat charger kamu dengan mudah. Berikut ini kami sajikan informasi seputar cara merawat charger HP dengan baik dan benar.

Cara Merawat Charger HP yang Tepat

Sebelum ke cara merawat HP yang tepat, kamu harus tahu dulu nih, bahwa ternyata kepala dan kabel charger terbilang cukup rentan mengalami kerusakan. Apalagi jika kamu suka sembarangan ngeletakinnya trus jatuh. Tentu hal ini akan menyebabkan charger ponsel kamu jadi lebih mudah rusak dan sama sekali nggak berfungsi. Hal ini tentu sepenuhnya salah kamu yang tidak bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Selain masalah kepalanya, kabel charger juga sangat rentan rusak. Dan masalah kerusakannya biasanya sama saja sih, ya biasalah, hampir putus. Kondisi ini terjadi karena kamu tidak memberikan perhatian yang baik terhadap keduanya.

Dan ternyata, cara merawat charger HP ini bisa kamu lakukan dengan dua cara, yakni dengan menyediakan alat tambahan dan juga benar-benar memperhatikannya ketika digunakan setiap hari.

Gulung Kabel dengan Benar

Cara merawat charger HP yang pertama ialah dengan menggulung kabelnya dengan baik dan benar. Sampai saat ini, banyak banget yang ngasal kalau lagi ngelipet kabel charger. Sehingga membuat komponen halus di dalamnya rusak ataupun putus. Jadi, cara yang baik dan benar menggulungnya adalah dengan tidak begitu ketat menggulung. Sehingga komponen benang di dalamnya tidak benar-benar tertekuk.

Jika memang memungkinkan, kamu juga bisa memanfaatkan alat berupa penjepit kabel ya. Ukurannya kecil sih, namun bisa menjadi malaikat bagi charger kamu.

Selotip di Bagian Ujung

Cara merawat charger HP berikutnya ialah dengan menggulunya dengan baik dan benar, kemudian menyelotip di ujungnya. Hal ini karena rata-rata, kerusakan pada charger itu terjadi di bagian ujung kabel, yakni bagian yang membuatnya bisa mengisi daya di ponsel. Biasanya, kasus ini disebabkan oleh gesekan. Sehingga membuatnya lebih rentan patah. Alat pelindungnya sudah ada kok. Beli aja deh. Atau, kalau kamu mau menyelotipnya juga nggak jadi masalah sih.

Menggunakan Charger dengan Baik

Baik, beberapa alasan kerusakan charger di atas dikarenakan bagian fisiknya yang tidak diperhatikan dengan baik. Sementara yang terakhir ini adalah masalah penggunaannya. Sehingga, cara merawat charger HP nya juga tentu masih berkaitan dengan cara menggunaknanya.

Caranya sederhana kok, seperti kamu tidak lagi menggunakan charger HP selagi ponsel sedang mengisi daya dan kamu tidak membiarkan ponsel mengisi baterai terlalu lama.

Apalagi, kedua kesalahan ini juga bukan hanya akan berakibat buruk pada charger HP kamu, tapi juga terhadap performa ponsel kamu.

Kamu nggak mau dong, Cuma gara-gara pola pemakaian yang tidak tepat malah menimbulkan banyak masalah. Jadi, stop deh main HP ketika dicas. Kamu bisa kok hidup tanpa HP, sejam aja. Nggak berat juga.

Jadi, itulah dia beberapa cara yang baik dan benar. Selain cara-cara di atas, masih ada sih cara lain yang bisa kamu coba. Cara merawat charger HP ini wajib banget kamu coba, anggap aja buat perawatan HP dan aksi menekan angka pengeluaran.

Yuk mulai bijak dalam menggunakan charger HP agar ia bisa berfungsi dalam waktu yang cukup lama.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *