wikiGo News Otomotif – Cara Merawat Ban Motor dengan Baik dan Benar

Ban merupakan salah satu komponen kendaraan yang paling penting, termasuk ban motor. Hal ini karena tanpa adanya ban, maka sebuah kendaraan tidak dapat bergerak dengan sempurna. Ban menjadi salah satu penentu aman tidaknya sebuah kendaraan melaju.  Maka, tak heran jika kemudian kamu meski memperhatikan kualitas ban agar motor kamu bisa digunakan dengan sempurna. Agar lebih jelas, berikut manfaat ban motor dan cara merawat ban motor yang harus kamu coba.

Manfaat Ban Motor

Ban adalah bagian yang sangat vital bagi kendaraan, karena tanpa adanya ban, maka motor kamu tidak mungkin bisa ditunggani. Ia kan? Selain sebagai bagian yang santat vital, ban motor juga memiliki beberapa fungsi, yakni sebagai bagian dari tunggangan motor yang langsung berkonsekuensi dan berhadapan dengan panasanya jalan aspal dan juga kondisi jalan yang beragam, ada yang licin, retak, dan sebagainya. Ban juga menjadi indikasi nyaman tidaknya kamu dalam berkendara, dan juga penentu irit atau tidaknya dalam mengkonsumsi bensin atau bahan bakar.

Cara Merawat Ban Motor

Dengan melihat peranan ban yang cukup penting, tentu kamu meski bisa erawat ban motor dengan baik dan benar. Hal ini agar kamu mendapatkan keamanan dan kenyamanan Ketika berkendara. Jika selama ini ban motor kamu hanya dibiarkan saja tanpa adanya perawatan, maka kini kamu harus mulai merawatnya ya. Berikut ini cara merawat ban motor yang baik dan benar.

Menyesuaikan Ban dengan Ukuran Tekanan Angin

Jika akan mengisi angin, maka sesuaikan kadar anginnya dengan anjuran dari pabrik ya, usahakan jangan sampai kekurangan ataupun kelebihan. Hal ini karena jika ban motor kamu kekurangan angin, maka dapat mengakibatan adanya ban benjol ataupun permukaan ban bisa saja tidak merata, dan bahkan, kamu juga harus menarik motor lebih kuat. Nah, sementara jika ban motor kamu terlalu kelebihan angin, tentu akan membuat ban menjadi keras, sehingga stabilitas kendali kendaraan menjadi berkurang, daya serap terhadap guncangan juga berkurang, dan ban bagian tengah bisa menjadi lebih cepat habis dan juga rawan meledak atau Meletus.

Menjaga Kebersihan Ban

Cara merawat ban motor yang kedua adalah dengan menjaga kebersihan ban. Jadi, selama ini mungkin kamu berpikir, bahwa ban motor tidak perlu dibersihkan atau dibiarkan saja. Ia kan? Dan ternyata, menjaga kebersihan ban juga penting loh agar ban motor kamu bisa tahan lama. Kamu meski membersihkan motor dengan rutin, supaya tak ada pasir dan kerikil yang menempel pada ban motor. Kerikil dan juga pasir yang menempel pada ban ternyata bisa menyebabkan bagian ban motor bermasalah loh. Nah, jika kamu rutin menjaga kebersihan ban motor, maka akan membuat ban motor kamu baik-baik saja, tahan lama, dan juga bisa bekerja secara maksimal.

Memeriksa Ketebalan Kembangan Ban

Cara merawat ban motor yang ketiga adalah memeriksa ketebalan Kembangan ban motor. Cara yang ketiga ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga ban motor kamu agar bekerja optimal dan tahan lama loh, tapi juga dapat menjaga kenyamanan kamu Ketika mengendarai motor., karena bagian ini merupakan cara yang preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan dikarenakan keadaan ban yang tidak lagi bagus atau sudah botak dan aus. Maka, perhatikanlah bagian TWI atau treat wear indicatoe ban, yang berbentuk benjolan kecil pada bagian sela-sela Kembangan. Perhatikan posisinya dengan teliti, apakah sudah sejajar atau belum dengan bagian ban luar. Jika ternyata sudah sejajar, dengan karet ban luar maka artinya, kamu meski mengganti ban.

Jangan Membawa Beban Berlebihan

Cara merawat ban motor yang terakhir adalah dengan tidak membawa beban berlebihan. Kamu meski membawa beban motor sesuai dengan petunjuk yang sudah ditentukan. Kamu bisa melihatnya di dinding bagian ban.

Gimana, gampangkan? So, yuk mulai sekarang, mulai untuk merawat ban motor kamu dengan baik dan benar. Ikuti saja beberapa cara di atas, maka ban motor kamu dijamin akan tahan lama, dan membuat kamu nyaman dalam berkendara. Semoga bermanfaat, bagi kamu yang bannya suka bocor mendadak. Atau suka tidak memperhatikan kondisi ban.