Cara Menjumlahkan Pecahan Lengkap dengan Contoh

 Cara Menjumlahkan Pecahan Lengkap dengan Contoh
[et_pb_section admin_label=”section”] [et_pb_row admin_label=”row”] [et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text admin_label=”Text”]

wikiGo News Pendidikan – Halo selamat pagi adik-adik. Kali ini kita akan meneruskan materi matematika yang kemarin. Kemarin, kita telah membahas tentang cara membandingkan pecahan biasa. Nah, untuk sekedar mengingatkan bahwa cara membandingkan pecahan itu ada dua, yang pertama adalah dengan melihat angka penyebutnya yang sama, kedua dengan melihat angka pembilang yang sama. Cukup hanya dengan melihat angka penyebut atau pembilangnya saja kamu sudah bisa mengetahui mana pecahan yang lebih besar, kamu sudah bisa membandingakn pecahan. Oke kali ini kita akan membahas tentang cara menjumlahkan pecahan dan mengurangkan pecahan ya.

Menjumlah Pecahan

Materi pertama yang akan kita bahas adalah menjumlahkan pecahan. Cara menjumlahkan pecahan biasa terbilang sangat mudah loh, dan bisa kamu lakukan bahkan tanpa menggunakan buku catatam hitung-hitungan, atau malah mikir panjang. Cara menjumlahkan pecahan nya adalah dengan melihat penyebutnya terlebih dahulu. JIka kamu ingin menjumlahkan pecahan, lihatlah angka penyebutnya dahulu. Apabila penyebutnya sama, maka kamu bisa langsung menjumlahkan pecahan tersebut. Hal yang meski kamu ingat adalah, penyebut yang sama, jika ternyata penyebutnya berbeda, maka kamu tidak bisa langsung menjumlahkannya.

Jika ternyata angka penyebutnya sudah sama, kamu bisa langsung menjumlahkannya. Nah ingat ya, bahwa yang kamu jumlahkan hanya pembilangnya saja, penyebutya tidak. Kamu bisa menggunakan penyebutnya untuk mendampingi hasil dari pembilang yang sudah kamu jumlahkan.

kita ambil contoh ya. Misalnya 3/5 +  4/5. Nah kamu bisa melihat ya, bahwa penyebut di antara dua pecahan tersebut adalah sama. Maka cara menyelesaikannya adalah kamu bisa menambahkan 3 + 4= 7 sementara penyebutnya kamu tinggal pindahkan saja 5. Berarti,  3/5 +  4/5 = 7 . Seperti itu ya sangat gampang.

Itu adalah bentuk soal yang sangat sederhana. Sekarang kita akan coba untuk menyelesaikan penjumlahan pecahan dalam bentuk cerita. Oke silakan disimak baik-baik soalnya ya. Ibu membeli 2 buah roti. Roti pertama  dibagikan ibu kepada ayah 1/3 bagian, sementara roti yang kedua diberikan ibu kepada adik 2/3 bagian. Maka berapa bagian yang didapatkan oleh ayah dan adik. Di cerita tersebut kamu sudah bisa melihat, bahwa ada 2 buah pecahan, yang pertama adalah pecahan 1/3 yakni rpti pertama yang diberikan oleh ibu kepada ayah, dan pecahan yang kedua adalah 2/3 , yaitu roti kedua yang diberikan Ibu kepada adik.

Nah karena soalnya meminta berapa bagian yang didapatkan oleh ayah dan adik, maka kamu bisa menjumlahkannya sekarang, caranya seperti tadi. Lihat dulu penyebutnya, apabila penyebutnya sama maka langsung dijumlahkan dan kebetulan soal ini penyebutnya sama, sehingga kamu bisa langsung menambahkan 1/3 + 2 / 3 = 4 per 3

Pengurangan Pecahan

Matri kedua yang akan kita bahas adalah pengurangan. Untuk pengurangan, caranya juga sama kok, kamu bisa langsung mengurangkan nya saja jika angka penyebutnya sama. Misalnya ada angka 10 / 2 – 3/2 . Maka, kamu bisa langsung mengurangkan, yaitu 10 – 2 berarti 8 . Dan pindahkan penyebutnya saja. Berarti 10 / 2 – 3/2 adalah 8/2.

Ketika kamu mendapati soal yang berbentuk cerita, kamu bisa kok menyelesaikannya dengan mudah. caranya adalah dengan langsung mengurangkannya saja.

Kuis

Setelah mengetahui cara menjumlahkan pecahan di atas, kamu bisa terus berlatih agar semakin paham ya. Nah, kamu bisa mengasah pemahaman kamu dengan mengerjakan soal berikut ini.

7/9 – 4/9 = ….

Ibu Pergi ke pasar membeli jeruk 7 buah. Di rumah, ayah memakan jeruknya sebanyak 4 bagian, adik memakannya sebanyak 2 bagian. Maka berapa bagian sisa jeruk ibu…..

2/4 + 4/4 = …..

Adik mempunyai Pizza sebanyak 4 potong. Lalu, dua potong untuk adiknya, satu potong lagi untuk neneknya. Berapa sisa pizza adik…..

Paman membawakanku 2 buah roti. Di rumah, roti pertama untuk ibu sebesar 2/4 bagian. Dan ayah memakannnya 4/4 bagian. Berapa sisa roti dari paman untukku….

Oke selamat mengerjakan tugas dan berlatih. Materi ini cocok buat kamu yang bingung mengajarkan matematika kepada anak ya.  semoga bermanfaat.

[/et_pb_text][/et_pb_column] [/et_pb_row] [/et_pb_section]

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *