Cara Mengubah HP menjadi Keyboard dan Mouse

 Cara Mengubah HP menjadi Keyboard dan Mouse

wikiGo News Gadget – Mouse dan keyboard menjadi salah satu komponen HP yang paling penting. Hal ini karena dengan keyboard, kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari searching, mengerjakan tugas, dan sebagainya. Nah, sampai saat ini, keduanya bisa saja mengalami kendala, karena memang terbilang cukup rentan ya. Terutama untuk laptop yang spesifikasinya masih di bawah. Daripada harus mengganti mouse dan keyboard terus menerus, dan harus mengeluarkan dan yang besar, atau malah memilih membeli keyboard portable, akan lebih baik jika kamu memanfaatkan canggihnya teknologi, yakni dengan memanfaatkan ponsel kamu sebagai mouse dan juga keyboard.

Dengan memanfaatkan canggihnya teknologi, kamu akan merasa sangat terbantu dalam melakukan banyak hal. Nah, untuk menjadikan ponsel kamu sebagai keyboard, maka kamu bisa memanfaatkan software yang ada tanpa harus mengeluarkan dana. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut cara mengubah ponsel menjadi mouse dan keyboard yang harus kamu coba.

Menggunakan Wifi Mouse

Cara mengubah ponsel mengubah mouse dan keyboard adalah dengan memanfaatkan wifi mouse. Aplikasi ini bisa kamu install secara gratis dan bisa digunakan dengan bebas oleh siapapun. Kamu hanya perlu memanfaatkan jaringan wifi atau nirkabel saja yang ada di ponsel dan juga laptop. Maka, pastikan dulu bahwa chipset wifi pada kedua perangkat kamu sudah berfungsi dengan baik, hal ini supaya saat mengoperasikannya, aplikasi bisa berjalan lancar.

Caranya bagaimana? Gampang kok. Pertama, kamu harus menyambungkan ponsel kamu ke jaringan yang ada. Pastikan bahwa jaringan yang tersambung ke ponsel dan laptop sama. Hal ini agar ponsel kamu bisa mendeteksi laptop ketika aplikasinya dijalankan.

Jika sudah, download dan install, kemudian langsung operasikan aplikasinya di kedua perangkat yang kamu gunakan. Maka, aplikasinya akan mengenali perangkat secara langsung dengan menggunakan jaringan yang sama. Nah, jika sudah, kamu bisa langsung mengkoneksikan ponsel dengan laptop. Lalu langsung pilih tugas yang akan kamu jalankan, apakah menjadikannya sebagai keyboard, ataupun mouse. Atau malah keduanya saja.

Menggunakan USB Remote

Cara menjadikan ponsel kamu sebagai mouse dan keyboard adalah dengan menggunakan USB remote. Nah, cara satu ini sangat mudah ya. Siapa yang tahu, bahwa ternyata bluetooth dan juga wifi yang disediakan di ponsel kamu bisa digunakan sebagai keyboard dan juga mouse. Nah, akan tetapi, jika ternyata keduanya bermasalah, maka kamu bisa menggunakan USB remote saja. Caranya memang agak kurang praktis ya, karena ponsel kamu memang harus selalu terkoneksi dengan laptop dengan menggunakna kabel, akan tetapi, cara satu ini terbilang sangat efektif, dengan kualitas yang sangat terjamin.

Langkah pertama adalah dengan mengunduh aplikasi yang bernama ‘USB remote’ ke ponsel kamu dan juga ke laptop dahulu. Lalu, langsung pasang aplikasinya dan jalankan aplikasi tersebut.

Apabila sudah, langsung sambungkan keduanya dengan menggunakan KB data, kemudian masuk langsung ke aplikasi USB tadi. Kemudian, kamu bisa memilih opsi yang sudah ada, yakni apakah akan menjadikannya sebagai keyboard atau mouse.

Menggunakan Bluetooth Remote PC

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bluethoot remote PC. Aplikasi gratis nan kece ini bisa kamu unduh di Play Store ya, gratis pula. Dan tahukah kamu, bahwa aplikasi ini termasuk aplikasi yang cukup popular. Aplikasi ini bisa mengubah ponsel kamu menjadi mouse ataupun keyboard ya. Karena akan menggunakan Bluetooth, maka kamu harus memastikan bahwa devode Bluetooth kedua perangkat kamu berfungsi sempurna ya. Sehingga aplikasi ini bisa berfungsi dengan sempurna.

Caranya bagaimana? Nah pertama, hidupkan terlebih dahulu Bluetooth kedua perangkat yang akan kamu gunakan. Kemudian, langsung download dan install aplikasi ‘bluetooth remoce pc’ ke kedua perangkat kamu. Lalu operasikan aplikasinya.

Nah, selanjutnya, silahkan beralih ke ponsel kamu, kemudian pilih opsi Bluetooth kemudian koneksikan ke jaringan bluetoothnya ya, dengan menggunakan jaringan bluethoot dari PC kamu. Apabila sudah tersambung, kamu bisa langsung masuk ke jendela yang isinya berupa pilihan pengoperasian ponsel kamu. Dan di sana, kamu bisa bebas memilih apapun, apakah akan menjadikan ponsel sebagai mouse ataupun menjadi keyboard, sehingga dapat digunakan dengan sempurna.

Demikian seputar cara mengubah ponsel menjadi mouse dan keyboard. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *