Cara Menghemat Eenergi Listrik yang Wajib Kamu Praktekkan

 Cara Menghemat Eenergi Listrik yang Wajib Kamu Praktekkan

Biaya Pendidikan Ilmu Hadis Universitas Ahmad Dahlan

wikiGo News Pendidikan – Hai adik-adik semua, selamat pagi. Semoga selalu sehat dan semangat ya. Buat yang tinggal di daerah Sumatera dan Kalimantan, ada daerah mana saja yang sudah mulai tatap muka, bersyukur. Karena sekarang kalian sudah bisa belajar dengan nyaman lagi ya. Dan buat yang di daerah Jawa, tenang, semoga kondisi ini akan segera berlalu, sehingga kalian bisa sekolah layaknya sebelum pandemic ini ya. Nah, kembali lagi bersama wikiGo.id ya. Baik, hari ini kita akan kembali membahas seputar pengetahuan tentang cara menghemat energi listrik.

Saat ini, kehidupan kita sudah serba menggunakan listrik. Bahkan, kita telah menjadikan energi listrik sebagai kebutuhan pokok. Di mana, dengan adanya energi listrik ini, maka segala kebutuhan kita bisa terpenuhi dengan maksimal. Akan tetapi, apabila ternyata kita menggunakan energi listrik secara berlebihan, tentu hal ini akan berdampak buruk terhadap lingkungan. Dan bahkan bisa membuat sumber listrik ini menjadi tidak ada artinya sama sekali.

Maka, agar hal tersebut tidak terjadi, alangkah baiknya jika kita mulai bijak dalam menggunakan energi listrik. Yakni dengan terus membiasakan hal-hal yang baik ketika menggunakan energi yang ada. Salah satunya adalah dengan melakukan penghematan. Selain bisa membantu lingkungan dan menjaga energi agar tetap utuh dan membuat lingkungan tetap lestari,  menghemat penggunaan listrik atau energi yang ada juga akan membuat tagihan di rumah kita semakin turun.

Nah, jadi, yuk kita mulai pembahasan seputar cara menghemat energi listrik.

Cara Menghemat Energi Listrik yang Mudah

Sampai saat ini, ada banyak banget sebenarnya cara menghemat energi listrik dapat kita lakukan. Bahkan, di antara kamu mungkin saja sudah mulai menerapkan perilaku baik ini sejak dini. Hal ini tentu karena memang orang tua memiliki peran dalam membiasakan anaknya dengan kegiatan-kegiatan positif, salah satunya ya untuk mulai belajar menghemat energi listrik.

Sedari kecil, apabila kamu sudah melakukan beberapa hal sederhana untuk menghemat energi listrik, maka akan lebih baik jika kamu mempelajari hal lainnya. Yang bisa memperkaya pengetahuan kamu tentang energi listrik dan hal-hal yang bisa kamu lakukan lainnya untuk menghemat sumber energi listrik. Oke, kita bahasa satu persatu ya.

Mematikan Lampu Ketika Sudah Digunakan

Cara menghemat energi listrik yang pertama adalah dengan mematikan lampu ketika tidak digunakan. Hal ini terdengar sangat sederhana, dan mungkin di antara kamu sudah ada yang mulai mematikan lampu ketika sudah tidak digunakan ya. bagus. Nah, bagi kamu yang belum menerapkan cara satu ini, maka cobalah ketika memang sudah tidak digunakan matikan lampunya.

Penggunaan listrik ini sangat erat kaitannya dengan yang namanya lampu. Di Indonesia sendiri, salah satu jenis lampu yang sangat sering ada di pasaran adalah lampu pijar. Di mana, lampu pijar ini adalah sebuah lampu yang cukup boros menyedot listrik. Maka, kemudian ada lagi jenis lampu lainnya, yaitu lampu LED. Lampu ini bisa menggunakan atau hanya membutuhkan daya dalam ukuran yang sangat kecil. Bahkan dengan menggunakan lampu LED ini, cahaya yang terpancar juga terkesan lebih alami bagi sebuah ruanga.

Kamu juga bisa mulai mengganti lampu pijar dengan lampu neon. Selain cahaya yang lebih bagus, lampu neon juga hemat dalam penggunaan listrik, sehingga sangat efisien.

Mengeringkan Pakaian dengan Sinar Matahari

Cara menghemat energi listrik yang berikutnya adalah dengan mengeringkan pakaian dengan memanfaatkan sinar matahari. Mungkin selama ini, bagi teman-teman semua sering melihat bahwa ibunya di rumah lebih sering memanfaatkan pengering mesin cuci untuk menjemur pakaian. Daripada menjemur pakaian di bawah terik matahari.

Maka mulai sekarang, cobalah untuk mengingatkan Ibu kalian agar lebih memilih mengeringkan pakaian di bawah terik matahari daripada menggunakan mesin pengering mesin cuci. Selain bisa menghemat sumber energi, ada manfaat lain yang akan kamu peroleh, yakni pakaian tentu tidak akan mudah melar.

Bca juga Empat Cara Menghemat Energi di Rumah yang

Menggunakan Transportasi Umum

Cara menghemat yang berikutnya adalah menggunakan transportasi umum. Bagi kamu yang selama ini kalau ingin kemana-mana selalu mengandalkan motor, atau kendaraan pribadi, maka cobalah untuk mulai mengganti kebiasaan tersebut dengan lebih memilih untuk menggunakan kendaraan umum. Ataupun dengan menggunakan sepeda. Selain lebih sehat, penggunaan kendaraan umum dan juga sepeda juga akan jauh lebih hemat.

Demikian beberapa cara menghemat energi listrik. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *