Empat Cara Menghemat Energi di Rumah yang

 Empat Cara Menghemat Energi di Rumah yang

enerbi.co.id

wikiGo News Pendidikan– Saat ini, segala sesuatu harus kita lakukan dari rumah. Hal ini mengingat bahwa kondisi Indonesia masih belum juga stabil. Dan kita masih belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Sehingga, kita benar-benar dituntut harus bisa meminimalisir kegiatan yang sifatnya outdoor ataupun di luar rumah. Maka, dengan segala kegiatan yang berpusat dari rumah, mulai dari aktivitas belajar, berbelanja, bekerja, bermain, dan lain sebagainya tentu membuat penggunaan listrik kita terus meningkat.

Misalnya adalah penggunaan kipas angin, penggunaan AC, magic com, dan lain sebagainya. Padahal, kita mengira bahwa sebenarnya dengan melakukan segala sesuatu dari rumah, kita sedang menghemat pengeluaran transportasi. Jelas sekali, bahwa ini salah.  Karena jika kita hitung-hitung, pengeluaran tetap sama. Karena ternyata penggunaan listrik kita yang terus meningkat berakibat pada semakin besarnya biaya listrik yang harus kita keluarkan.

Selain masalah finansial, sebenarnya ada hal yang lebih kompleks daripada hal tersebut terkait listrik dan di rumah saja loh, yakni tidak hanya sekedar agar keuangan kita menjadi stabil, ataupun kita bisa mulai menabung. Lebih jauh daripada itu, yakni dengan menghemat energy, maka kita sudah berpartisipasi. Dalam menjaga bumi ini agar tetap stabil dan baik-baik saja. Apalagi kita tahu, bahwa apabila kita menggunakan sumber energi yang ada dengan cuma-Cuma, atau tidak memperhatikan banyak sedikit yang kita gunakan, akan berpengaruh buruk terhadap dunia.

Yang mengakibatkan pada aktivitas yang disebut dengan emisi karbon. Nah, maka dari itu, alangkah baiknya jika adik-adik semua mulai mengetahui betapa pentingnya kita menjaga dan menghemat sumber energi yang ada. Berikut ini adalah beberapa perilaku ataupun contoh cara menghemat energi di rumah yang bisa kamu lakukan.

Cara menghemat energi di Rumah

Jadi sebenarnya, menghemat energi yang ada bukan hanya kita lakukan ketika di rumah. Melainkan juga ketika kita semua berada di tempat lain, mulai dari di rumah nenek, di rumah keluarga, di rumah teman, atau bahkan di sekolah. Baiklah, berikut adalah beberapa contoh cara menghemat energi di rumah.

Menghindari Pengisian Daya Ponsel Malam Hari

Cara menghemat energi di rumah yang pertama adalah dengan menghindari pengisian ponsel di malam hari. Buat kamu yang mempunyai HP, cobalah untuk mulai tidak lagi melakukan pengisian ponsel kamu ketika malam hari. Apalagi biasanya nih, ketika kamu mulai mengisi daya HP pada malam hari, kamu baru akan mencabutnya ketika pagi hari.

Tentu hal ini akan membuat penggunaan listrik di rumah semakin tinggi. Memang sih, terlihat sangat kecil. Namun, apabila kamu lakukan secara terus-menerus maka hal ini akan membuat tagihan di rumah semakin besar. Dan bahkan, itu artinya, kamu sudah menyia-nyiakan sumber energi yang ada. Apabila ternyata orang tua kamu juga masih melakukannya, cobalah untuk mengingatkan mereka.

Mematikan Lampu Selesai Digunakan

Cara menghemat sumber energi di rumah yang berikutnya adalah selalu mematikan lampu ketika memang tidak digunakan. Bahkan nih, akan lebih sangat baiknya jika kamu mematikan lampu tatkala akan tidur. Selain baik bagi dompet, baik juga terhadap kesehatan lingkungan dan tubuh.

Menggunakan Air Seperlunya

Cara menghemat energi  di rumah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan air secukupnya. Air merupakan sumber utama bagi manusia. Seluruh kegiatan manusia tentu membutuhkan air. Bahkan, jika sehari saja kita tidak memiliki air, maka rasanya itu seperti ingin mati saja. Serius. Hal ini karena memang ketika kita akan makan, kita membutuhkan air. Ketika akan minum, membutuhkan air. Mandi membutuhkan air, dan ibadahpun membutuhkan air.

Maka, cobalah untuk mulai menghemat air, bahkan ketika mandi. Meskipun di rumah ada banyak sekali air. Jangan sampai kamu menyia-nyiakan atau menggunakan air mandi secara berlebihan. Kamu harus ingat bahwa sebenarnya di daerah-daerah yang lainnya itu masih ada banyak sekali daerah-daerah yang bahkan untuk mandi, makan, memasak, dan lain sebagainya mereka harus membeli air dengan harga yang terbilang cukup mahal.

Baca juga Waktu yang Tepat Harus Ganti Ban, Berikut Indikasinya

Oke sekian beberapa cara menghemat energi di rumah yang harus kamu lakukan. Semoga mulai dari sekarang kita semua bisa mulai memanfaatkan energi yang ada. Memaksimalkan penggunaannya dan menghemat. Jangan sampai kita menyiapkan sumber energi yang telah kita dapatkan. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *