Cara Mengatur Tulisan Arab di Word

2 min read

cara mengatur tulisan arab di word

wikiGo News Tekno –

Bagi kamu yang berprofesi sebagai guru Bahasa Arab, atau sedang kuliah di jurusan hadis, atau siapapun lah, tentu kamu membutuhkan tulisan Arab di Microsoft Word kan? Hal ini karena tulisan Arab sudah menjadi kebutuhan yang menunjang aktivitas belajar mengajar atau kebutuhan kuliah kamu, sehingga mau tidak mau, kamu meski mengaturnya. Apalagi sebenarnya, cara mengatur tulisan Arab ke word sangat mudah loh. Apalagi kini, Microsoft word memang sudah menawarkan fiturnya kepada penggunanya, sehingga kamu hanya perlu mengaktifkannya saja. Meski caranya sangat mudah, namun sayang, masih lumayan banyak juga yang belum mengetahui cara mengatur tulisan Arab ke word. Bagi kamu yang juga masih belum tahu, yuk simak cara mengatur tulisan Arab ke word berikut ini.

Menambahkan Tulisan Bahasa Arab

Nah, supaya kamu bisa mulai menulis tulisan Arab di laptop, kamu meski menambahkan tulisan bahasa Arabnya terlebih dulu. Caranya bagaimana? Tenang saja, karena kali ini kami akan membahas cara mengatur tulisan Arab yang bisa kamu praktekkan saat ini juga. Ikuti setiap caranya dengan baik dan benar ya. Hal ini agar pengaturannya bisa berubah, sehingga kamu bisa langsung menulis.

Langkah pertama yang meski kamu lakukan adalah pergi ke start, kemudian langsung cari languages. Kamu bisa mengetikkan tulisan ‘languages’ saja ke menu pencarian. Nah, apabila sudah ketemu, langsung saja pilih bagian ‘edit language and keyboard options’. Kalau sudah, kamu harus memastikan, bahwa saat itu kamu tengah berada di menu languages. Kemudian, klik tulisan add a language. Menu inilah yang nantinya bisa membuat kamu bisa menulis tulisan Arab.

Pada bagian kolom pencarian, kamu bisa menuliskan tulisan United Arab, kemudian pilih bagian nomor satu saja. Lalu klik, dan cari tulisan next, kemudian ikuti semua petunjuk yang ditunjukkan. Tuggu beberapa detik, maka tak berapa lama, tulisan Arab di laptop kamu sudah terpasang, dan kamu bisa langsung mencarinya di pengaturan. Gampang sekali bukan?

Cara Mengcopy Tulisan Arab dari Google ke Word

Nah, jika tadi sudah dibahas tentang cara mengatur tulisan Arab ke word, maka poin kedua ini kami ingin membagikan cara mengcopy tulisan Arab dari Google ke Word. Kami percaya, bahwa usai mengatur tulisan arab ke word, kamu juga akan langsung mencari bahan-bahan atau materi ke Google. Dan untuk mempermudah, kamu akan memilih mengcopy saja. Ia kan? Nah, sayangnya, teks yang kamu copy ke word pasti bentuknya berubah, ia kan? Ya, hal ini akan terus terjadi, sehingga kami merasa perlu menjelasaknnya di samping cara mengatur tulisan arab di word tadi.

Cara pertama, carilah materi kuliah atau apapun yang memang ada kandungan tulisan arabnya yang nantinya akan kamu copy ke word. Cari saja di Google, kamu bisa menggunakan pencarian bertuliskan bahasa Arab, misalnya ‘tulisan Allahuakbar dalam bahasa Arab.’ Dan sejenisnya ya. Apabilsa sudah, tentu akan banyak sekali hasilnya. Kamu bisa memilih satu saja tulisan yang kamu inginkan. Jika sudah, langsung klik kanan saja, kemudian pilihlah bagian copy ataupun salin. Tapi sebelumnya jangan lupa untuk mengatur arah tulisannya terlebih dahulu. Kamu bisa mengaturnya pada menu home, kemudian pilih Right-to-Left Text Direction.

Lalu, kamu bisa menempelkan tulisan yang kamu copy tadi ke wordnya. Jangan lupa untuk mengklik kanan, kemudian pada bagian paste option, pilihlah keep text only. Pilihan ini bisa membuat kamu menepelkan teksnya saja dan membuat tulisannya sesuai dengan kamu inginkan. Sesuaikan fontnya, ya. Cara ini akan membuat teks tulisan Arab yang kamu copy tidak akan kacau. Mudah kan?

Dan sekarang, teks tulisan Arab tidak hanya bisa diatur di laptop loh, bisa juga diatur di ponsel, sehingga bisa mempermudah aktivitas kamu yang memang membutuhkan tulisan teks Arab. Itulah dia serangkaian cara mengatur tulisan Arab di word yang bisa kamu praktekkan. Ikuti step by stepnya dengan tepat ya. Cara di atas sangat mudah, dan sejauh ini, nyaris semua orang berhasil mengatur tulisan Arab di word hanya dengan tutorial sederhana tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright 2020 wikigo.id News latest information