Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri

 Cara Mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri

wikiGo News Gadget- Ponsel merupakan salah satu alat elektronik yang nyaris digunakan oleh seluruh manusia di muka bumi. Maka, karena termasuk salah satu alat elektronik, tentu ada waktu di mana ponsel kamu pasti akan mengalami yang namanya error, terutama bagi ponsel ataupun HP Android yang usianya sudah lebih dari 2 tahun. Jika saat ini ponsel kamu sudah berusia dua tahun ke atas tentu sering menemukan beberapa permasalahan yang spele sih, tapi nyebelih. Salah salah satu permasalahan yang kerap terjadi dan dialami oleh para pengguna Android adalah aplikasi Android keluar sendiri, atau aplikasi Android yang tiba-tiba tertutup sendiri.

Kondisi aplikasi Android yang keluar sendiri ini sangat menjengkelkan ya, karena bisa mengganggu aktivitas online kamu. Apalagi jika aplikasi android keluar sendiri terjadi tatkala kamu sedang memiliki kepentingan yang memang tidak bisa ditunda-tunda. Dan biasanya, aplikasi yang keluar tiba-tiba ini  akan menunjukkan sebuah tulisan error yakni ‘sayangnya, aplikasi telah berhenti’. Ataupun versi kerennya, yaitu Unfortunately, App Has Stoped. Dan biasanya, ada beberapa penyebab utama dari terjadinya aplikasi keluar sendiri Ini.

Seperti RAM juga file cache di ponsel kamu sudah penuh, aplikasinya sudah kadaluarsa, atau malah sistem operasi ponsel kamu yang tidak lagi mendukung. Maka, jika saat ini kamu tengah mengalami kondisi yang menjengkelkan ini, tenang saja dear, karena sudah ada kok beberapa cara untuk mengatasinya, dan bisa kamu coba sendiri di rumah. Jadi, jangan buru-buru untuk membawanya ke konter ya. Coba atasi dulu sendiri.

Cara mengatasi Aplikasi Android Keluar Sendiri

Ada beberapa cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri. Maka, kamu bisa mengatasinya sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh ponsel kamu ya. Yuk simak cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri berikut ini.

Menghapus File Cache

Cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri yang pertama adalah dengan menghapus cache. Nah jika file cache di ponsel sering kamu biarkan terlalu lama, dan sampai menumpuk, maka dapat mempengaruhi performa ataupun kinerja Android kamu loh. Sehingga bisa berdampak pada lemotnya ponsel kamu. Dan bahkan, hal ini juga akan memicu aplikasi keluar sendiri.

Maka, untuk mengatasinya adalah, kamu harus menghapus terlebih dahulu semua file cache yang ada di ponsel. Untuk ke depannya, kamu bisa menghapus file-file tersebut secara rutin ya, agar permasalahan ini tidak lagi terjadi. Cara menghapus file  cachenya juga sangat mudah. Pertama, buka dulu ponsel kamu, lalu cari pengaturan  atau setting. Dan pilih bagian menu kelola aplikasi. Jika tampilannya sudah berubah, atau menu-menunya sudah ditampilkan, maka kamu bisa memilih bagian bersihkan ache. klik bagian bersihkan cache tersebut. Lalu klik clear cache ataupun hapus che.

Mengupadate Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri yang kedua adalah dengan mengupdate aplikasi. Sebagaimana dijelaskan di atas, bahwa salah satu penyebab aplikasi keluar sendiri adalah sistem yang sudah tidak mendukung, ataupun aplikasinya yang sudah kadaluarsa. Maka, untuk hal ini kamu bisa mengatasinya dengan mencoba mengupgrade aplikasinya. Kamu bisa mencoba mendownload aplikasi serupa dengan versi yang terbaru.

Usahakan untuk mendownload aplikasi langsung dari Google Play Store. Hal ini demi keamanan dan juga kenyamanan ponsel kamu.

Restart

Cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri yang selanjutnya adalah dengan merestart ponsel. Nah, jadi sistem dari ponsel dengan laptop itu tidak begitu berbeda jauh. Kamu tentu tahu bahwa jika laptop kamu mengalami beberapa masalah kecil, maka cukup dengan merestart nya maka laptop bisa bekerja secara normal kembali.

Hal ini juga berlaku bagi ponsel. Maka untuk mengatasi aplikasi android yang keluar sendiri Kamu bisa mencoba dulu langkah satu ini. Yakni dengan merestart ponsel kamu. Kamu bisa merestart ponsel ataupun mematikannya paling tidak 10 meni,t lalu hidupkan kembali. Dan biasanya, jika memang tidak ada masalah, ponsel kamu sudah dapat digunakan kembali, termasuk aplikasinya.

Jadi, itulah dia beberapa Cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri yang dapat kamu praktekkan sekarang juga. Dan selain Cara mengatasi aplikasi android keluar sendiri di atas, masih ada cara yang lain. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *