Cara Mencegah Baterai Cepat Habis, Wajib Kamu Tahu

 Cara Mencegah Baterai Cepat Habis, Wajib Kamu Tahu

wikiGo News Gadget- Baterai adalah komponen utama sebuah smartphone. Bayangkan, apa jadinya phone yang smart tersebut tanpa baterai, tentu tetap tidak dapat digunakan ya. Nah, karena sangat pentingnya posisi baterai, tak heran jika kemudian pada vendor hp mulai berlomba-lomba mengupgrade baterai produk mereka. Dan saat ini, semua baterai ponsel telah dirancang menjadi ‘fast charging’ demi kenyamann semua penggunanya. Sayangnya, tentu belum tentu semua orang sudah menggunakan ponsel canggih yang sudah fast charging ya. Maka, bagi kamu yang hp nya masih belum fast charging, tentu merasakan bagaimana menyebalkannya baterai yang cepat habis. Oleh karena itulah kali ini kami akan menyediakan informasi seputar cara mencegah baterai cepat habis.

Cara Mencegah Baterai HP Cepat Habis

Kasus satu ini biasanya dialami oleh ponsel yang sudah berusia lebih dari setahun ya. Nah, jika kamu sedang mengalami masa-masa menyebalkan dari cepatnya baterai habis, kamu bisa mengikuti beberapa cara mencegah baterai HP cepat habis berikut ini ya.

Jangan Biarkan Smartphone Terlalu Panas

Cara mencegah baterai cepat habis yang pertama ialah dengan tidak membiarkan ponsel kamu terlalu panas. Kamu tidak boleh membiarkan ponsel kamu memiliki suhu lebih dari 95 derajat Fahrenheit. Jika kamu merasa ponsel kamu sudah terlalu panas, cobalah untuk menginstirahatkannya. Karena bagaimanapun, ponsel pintar juga membutunkan waktu untuk istirahat, sama seperti manusia dan benda elektronik lainnya. Selain tidak membiarkan ponsel kamu terlalu panas, kamu juga meski menghindari ponsel kamu berada di suhu yang sangat dingin. Bahkan, ponsel yang berada di suhu normal diklaim bisa tahan lebih lama loh.

Hindari Overcharging

Cara mencegah baterai cepat habis yang kedua ialah dengan tidak mengisi baterai ketika baterainya sudah benar-benar habis. Berdasarkan anjuran dan beberapa sumber, akan sangat baik apabila kamu mengisi ponsel kamu ketika baterainya belum sampai 10 persen. Dan usahakan untuk mencabutnya ketika sudah full, hal ini untuk menghindari adanya overcharging.

Cara ini harus kamu lakukan. Yap, kamu yang hpnya masih menggunakan system pengisian daya biasa ya. Untuk kamu yang sudah mengganti ponsel dengan keluaran terbaru tentu tidak perlu khawatir, karena baterai ponsel masa kini telah memiliki rancangan baterai yang sangat luar biasa, yakni bisa berhenti menyerap daya ketika sudah penuh secara otomatis.

Turunkan Kecerahan Layar

Cara satu ini terbilang sangat sederhana, namun harus kamu perhatikan dengan baik ya. Karena ternyata, kecerahan layar yang sanat tinggi mengkonsumsi baterai yang lebih banyak.

Maka, kamu bisa mengaturnya sendiri dengan memanfaatkan aplikasi pengaturan, atau di beberapa ponsel bahkan bisa hanya dengan menarik layar ke bawah saja. Jika kamu tidak begitu suka dengan layar yang gelap, ya paling tidak kamu bisa mengaturnya ke tingkat kecerahan yang standar ya.

Tidak Memainkan HP saat Mengisi Daya

Cara mencegah baterai cepat habis yang selanjutnya adalah dengan tidak memaninkan ponsel ketika sedang melakukan pengisian. Jika selama ini kamu kerap melakukan hal ini, maka cobalah untuk tidak lagi melakukannya.

Karena ternyata, memainkan ponsel ketika melakukan pengisian tidak hanya menyebabkan baterai cepat habis. Tapi juga membuat baterai menjadi cepat rusak. Tahan sebentar saja ya. Lagipula, masih banyak hal yang bisa kamu lakukan kok.

Matikan Notifikasi

Salah satu kegiatan ponsel yang juga mengkonsumsi baterai cukup besar adalah notifikasi. Yap, maka. Jika kamu ingin baterai ponsel kamu tahan, bisa digunakan dalam waktu yang lama, kamu bisa mematikan dulu nih fitur notifikasinya, dan juga layanan lokasi.

Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Cara mencegah baterai cepat habis yang terakhir adalah dengan menutup aplikasi yang tidak sedang kamu gunakan. Hal ini karena dengan mengaktifkan aplikasi yang tidak digunakan dapat membuat dan memaksa background ponsel kamu terus bekerja keras, sehingga terus membuat kapasitas baterai berkurang.

Jadi, itulah dia beberapa cara mencegah baterai cepat habis yang dapat kamu lakukan. Kamu bisa menerapkan seluruhnya ya. Terutama bagian yang tidak menggunakan hp ketika sedang melakukan pengisian. Kamu bisa kok melakukan hal yang lain. Sekian informasi seputar cara mencegah baterai cepat habi. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *