Cara Memilih Ban Kendaraan, Wajib Kamu Tahu

 Cara Memilih Ban Kendaraan, Wajib Kamu Tahu

wikiGo News Otomotif – Ban adalah komponen kendaraan yang harus mendapatkan perhatian khusus. Apalagi kita tahu, bahwasanya, apalah jadinya sebuah kendaraan tanpa ban ya. Ban merupakan penyebab kendaraan kamu bisa melaju sempurna. Bayangkan, bagaimana jadinya kendaraan tanpa ban, atau, paling tidak, bagaimana caranya kendaraan berjalan jika bentuk ban-nya tidak bulan. Maka, akan menjadi sebuah musibah serius jika ban kendaraan kamu harus rusak. Biasanya, kasus kerusakan ban ini terjadi kalau kamu suka asal-asalan kalau milih ban. Maka, agar kasus kerusakan ban ini nggak kamu alami, kamu meski mengetahui cara memilih ban kendaraan yang tepat.

Dengan mengetahui cara memilih ban kendaraan yang tepat tentu akan sangat menguntungkan bagi kamu ya. Nah, ada beberapa cara memilih ban kendaraan yang tepat yang bisa kamu lakukan. Dan sebenarnya, cara memilih ban kendaraan yang tepat itu gampang banget loh. Asli. Dalam catatan, kamu mengetahui caranya. Oke, tanpa berpanjang-panjang, yuk simak penjelasannya berikut.

Ukuran Ban

Cara memilih ban kendaraan yang tepat pertama adalah dengan melihat ukuran ban. Kamu harus tahu dulu ukurna ban yang kamu gunakan. Bagi pengguna mobil, maka kamu bisa melihat ukurannya pada ban dengan memperhatikan ukiran yang ada tepat di samping bannya. Bentuknya adalah susunan kode ya. Misalnya nih, ada merk ban Daihatsu all News Sirion. Ban satu ini mempunyai kode ban 185/55 R15 95H. Dimana, 185 ini menginformasikan kepadakamu berapa sih lebar telapak bannya yang sudah dihitung dengan menggunakan satuan kecepatan laju mobil kamu. Hal ini karena ternyata, lebar telapak ban sangat mempengaruhi kecepatan dan performa mobil kamu loh.

Sementara angka 55 ini adalah angka yang menginformasikan seputar ketebalan ban kamu. Dan angka ini akan ditunjukkan dengan bentuk rasio dan juga presentase. Sehingga, angka tadi akan disajikan dalam bentuk 55% dari 185 milimeter. Hal yang penting kamu ketahui adalah, bahwasanya apabila ban kendaraan kamu semakin tebal, itu artinya keseimbangannya juga akan lebih baik, kestabilannya juga terjaga.

Selain itu, huruf R yang kamu lihat adalah kriteria bannya. Selain informasi tersebut, ada berbagai informasi penting lainnya yang juga kamu dapatkan. So, jangan lupa memperhatikan ukuran bannya ya. Pilihlah ban yang mempunyai kualitas terbaik. Nggak apa-apa beli yang lebih mahal sedikit.

Jenis Ban

Sampai saat ini, ban mempunyai banyak jenis. Dan ketika akan membeli dan memilih ban, kamu meski menyesuaikannya dengan kebutuhan mobil kamu. apakah jenisnya adalah P, yang berarti passenger. Kalau jenis ban mobil kamu P, itu berarti mobil tersebut berguna untuk membawa penumpang ya. Nah, jenis ban lainnya adalah tipe LT. LT ini adalah jenis  ban untuk mobil yang besar, alias truk.  Dan lain sebagainya. Kamu harus bisa menyesuaikan jenis ban dengan yang kamu gunakan ya.

Kecepatan Maksimal

Cara memilih ban kendaraan yang tepat selanjutnya ialah dengan melihat kode kecepatan maksimal. jadi, ternyata setiap ban ada kode kecepatannya masing-masing ya. Dan kamu meski kecepatan yang tepat untuk penggunaan kamu.

Ukiran

Cara memilih ban kendaraan yang tepat selanjutnya adalah dengan memperhatikan ukuran bannya. Ukuran ban ini akan menunjukkan seberapa besar daya gesekan ban ke jalan. Apabila daya geseknya semakin besar, itu artinya, ban tersebut bisa meminimalisir terjadinya kejadian  ‘tergelincir’.

Tahun Pembuatan

Cara memilih ban kendaraan yang tepat terakhir adalah dengan memeriksa tahun pembuatan. Kamu meski bisa menemukan ban yang usianya masih muda, alias belum lama dibuat. Karena semakin baru ban yang kamu pilih, semakin bagus kualitasnya. Dan semakin baru ban tersebut, semakin bagus untuk digunakan.

Jadi, itulah dia Cara memilih ban kendaraan yang tepat yang meski kamu perhatikan. Jika selama ini kamu hanya memilih ban mobil hanya berdasarkan insting, memilih tanpa didasarkan pada apapun, stop deh. Mulailah untuk memahami cara memilih ban di atas dengan teliti. Karena hal ini akan sangat bermanfaat bagi kelangsungan mobil kamu.

Jika ternyata ban yang sesuai dengan cara di atas harganya di atas rata-rata, nggak apa-apa, karena barang berkualitas memang rata-rata harganya tinggi. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *