wikiGo News Otomotif – Bahan bakar minyak merupakan kebutuhan setiap kendaraan yang memiliki mesin, motor misalnya. Sehingga dapat dikatakan, bahwa bahan bakar minyak telah menjadi nyawa setiap motor. Tanpa adanya bahan bakar minyak, maka sebuah kendaraan tidak akan bisa berjalan. Sehingga jangan heran jika banyak orang mencoba memilih bahan bakar yang tepat bagi kendaraan mereka. Karena dengan memilih bahan bakar yang tepat dan berkualitas bisa mempengaruhi kualitas sebuah kendaraan. Tak hanya itu saja, pemilihan bahan bakar yang tepat juga dapat membantu proses pembakaran pada mesin loh. Apabila kamu tengah mencari BBM, maka kamu bisa menemukan adanya jenis yang dengan nilai oktan yang berbeda-beda tiap bahan bakarnya. Dan meski bisa menemukan bahan bakar yang tepat bagi kendaraan yang kamu gunakan. Selama ini, banyak yang asal-asalan dalam memilih bahan bakar dan kerap memilih bahan bakar berdasarkan harga, padahal hal tersebut tidaklah tepat ya. Sebab dalam memilih bahan bakar minyak, ada beberapa hal yang meski kamu perhatikan.

Memperhatikan Sistem Pendingin Motor

Cara memilih bahan bakar minyak yang pertama ialah dengan memperhatikan system pendingin motor yang kamu miliki. Kamu harus benar-benar memperhatikan poin pertama ini ya. Di antara kamu, tentu ada yang menginginkan melakukan modifikasi rasio kompresi terhadap motorkamu ya. Hal ini tentu diharapkan agar bahan bakar minyak yang digunakan oleh motor kamu berkualitas. Hanya saja, sebelum melakukan modifikasi ini, kamu meski memperhatikan dulu nih, system pendinginnya, sehingga bisa mendukung manfaat yang kamu inginkan ini. Apabila saat ini motor kamu sudah menggunakan system radiator, maka nggak perlu ngerasa cemas kalau motor kamu akan panas ya. Nah, khusus bagi kamu yang belum menerapkan system ini, biasanya kamu akan memanfaatkan angin yang masuk. Apabila nilai RON sebuah bahan bakar minyak tinggi, maka suhu yang dihasilkan juga tinggi.

Mengetahui RON BBM

Cara memilih bahan bakar minyak yang kedua adalah dengan mengetahui nilai RON sebuah bahan bakar minyak yang akan kamu gunakan. Nilai RON ataupun nilai oktan, merupakan angka yang akan menunjukkan sudah seberapa besar sih tekanan yang telah diberikan oleh BBM yang kamu gunakan sebelum terbakar mendadak. Apabila nilai RON sebuah bahan bakar minyaknya tinggi, maka berpengaruh terhadap tenaga mesinnya yang akan semakin tinggi. Hal ini juga berlaku terhadap rasio kompresinya ya. Apabila rasio kompresinya, akan membuat tenaga yang akan dikeluarkan juga semakin besar. Jika nilai oktannya tinggi, maka ketahanann sebuah bahan bakar  terhadap tekanan juga akan sangat tinggi, dan akan mmebutuhkan waktu yang cukup lama ketika proses pembakarannya ya. Sampai saat ini, sudah ada kok bahan bakar minyak yang memiliki nilai  oktan paling rendah 88, dan yang paling tinggi adalah 98.

Dua cara memilih bahan bakar minyak di atas harus benar-benar kamu kuasai dengan baik dan benar ya, karena jika salah dalam memilih bahan bakar, maka bisa berakibat buruk terhadap motor kamu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya berikut.

Sebagaimana telah dijelaskan secara singkat di atas, bahwa salah satu factor yang mempengaruhi minat beli bahan bakar seseorang adalah harga. Masyarakat kerap membeli bahan bakar yang memang ramah kantong dan sesuai dengan keadaan dompet. Padahal, jika kamu tidak memperhatikan kualitas bahan bakar minyak yang digunakan motor kamu, atau bahan bakarnya tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada pada motor kamu, tentu hal ini bisa berakibat terhadap motor kamu dan menimbulkan beberapa masalah. Seperti dapat membuat mesin tidak bergetar, suaranya tidak seperti motor pada umumnya, hingga dapat membuat sisa proses pembakarannya menjadi menumpuk. Selain itu, jika kamu mengisi bahan bakar dengan oktan yang tinggi ke mesin yang kompresinya rendah, bisa menyebabkan proses pembakaran bahan bakar menjadi lebih lama dari yang biasanya, bahkan mesin motor kamu akan kesulitan dalam melakukan pembakaran bahan bakar minyak.

Demikian dua cara memilih bahan bakar minyak pada motor. Kamu bisa mulai mempelajari dua cara memilih bahan bakar minyak di atas demi menjaga kualitas dan kinerja mesin motor kamu. Semoga bermanfaat.