wikiGo News Pendidikan- Puisi merupakan salah satu karya sastra yang keren banget, karena biasanya, isi puisi selalu menggambarkan sebuah kondisi hati dari penulisnya, yang di dalamnya terdapat beberapa komponen, seperti lirik, ritme, rima, dan juga irama di setiap baris puisi. Tak heran jika kemudian para pujangga yang sedang dilanda rindu, sesak, terpukul, bahagia kerap berkreatifitas dengan membuat puisi. Mereka kerap menggambarkan situasi hatinya ke dalam bait-bait puisi, yang kemudian dikreasikan lagi ke dalam berbagai bentuk, mulai dari sekedar gambar berisi puisi, tulisan, atau bahkan video. Ia kan? Yang pernah ngelakuin ini saat galau coba bisa tunjuk tangan.

Kamu tahu nggak sih, kalau biasanya, puisi yang ditulis saat seseorang berada di titik terendah dan tertinggi biasanya akan menghasilkan sebuah karya yang luar biasa, karena akan sangat ngena di hati pembaca. Kok bisa? Ya, karena sang penulis puisi menyampaikan setiap bait puisinya dengan iklas, menggambarkannya dengan tulus, sehingga bisa sampai ke hati. Tapi sayangnya, puisi-puisi yang saat ini muncul ke permukaan berbeda jauh dengan puisi-puisi yang ditulis oleh pujangga di masa lalu.

Dan hal ini dapat kita lihat sendiri, bahwa puisi yang saat ini nyaris hanya berisi tentang cinta, kegalauan akan jodoh, dan sebagainya. Sementara puisi yang dibuat oleh pujangga masa lalu rata-rata berisi tentang kegelisahan mereka akan kondisi tanah air. Kamu tentu tidak asing dengan Khairil Anwar, Musthafa Bisri kan? Dua tokoh tersebut adalah contoh pujangga yang selalu melahirkan puisi-puisi yang menggambarkan kondisi saat mereka tengah hidup, bukan hanya menghasilkan puisi galau.

Saya yakin, sekali atau dua kali, kamu pernah merasa ‘ingin bisa’ seperti tokoh-tokoh yang dapat menghadirkan berbagai karya luar biasa dalam bentuk puisi kan? Tapi kemudian kamu bingung bagaimana cara mengeksekusinya. Tenang, setelah membaca artikel ini, kamu pasti bisa membuat puisi yang keren sendiri, karena saya akan membahas tentang cara simple membuat puisi.

Cara Membuat Puisi dengan Mudah

Hal yang meski kamu perhatikan adalah, bahwa menulis atau membuat puisi bukanlah kegiatan yang mudah, tapi tidak juga sulit. Tergantung seberapa besar usaha kamu dalam mencoba dan berlatih.

Tema dan Judul

Cara menulis puisi yang pertama adalah dengan menemukan dan menentukan tema dan juga judul. Tentukan dahulu keduanya dengan baik. Pilihlah tema dan judul yang memang kamu kuasai, jangan ragu untuk mengambil tema dan judul yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua pembaca ya.

Menentukan Kata Kunci

Dalam membuat puisi, kata kunci memiliki peranan yang cukup penting. Dengan adanya kata kunci, maka akan sangat membantu kamu dalam menjelaskan berbagai makna dari tema yang kamu angkat. Kembangkan dalam permbahasan yang keren dan menarik.

Diksi

Diksi adalah pemilikhan kata. Nah caranya adalah dengan menentukan kalimat yang unik dan juga bagus supaya puisi kamu terlihat lebih elegant. Yang penting, pilihlah diksi yang paling tepat.

Rima

Rima merupakan persamaan bunyi yang diulang. Nah, dalam dunia puisi, rima bisa memberikan kesan indah loh. Maka, kreasikan sekreatif mungkin agar perpaduan tiap kalimatnya menjadi sangat berkesan. Jangan ragu untuk menggunakan rima ya.

Bait

Untuk puisi sendiri, ada berbagai pilihan baik yang dapat kamu pilih, seperti lima baris perbait, tiga baris perbait, dan sebagainya. Fleksibel ya.

Kembangkan Puisimu

Nah di sini, kamu bisa berkreasi sebaik mungkin, kembangkan puisi kamu sebagik yang kamu bisa. Jangan pernah ragu ya. Sebab semua karya bagus kok, jangan takut salah.

Contoh Puisi

Setelah mengetahio cara membuat puisi yang mudah, kamu bisa memperhatikan contoh puisi berikut ya.

Pulang

Karya April

Aku sudah melangkah jauh, bahkan teramat jauh

Ntah sudah berapa hasta kulampaui, bahkan lautan telah kuseberangi

Namun kini, hatiku tengah dirundung sepi, remuk redam menghampiri

Satu kata bernama ‘pulang’ kemudian menggodaku

Hingga akhirnya kuputuskan untuk benar-benar melangkah jauh, pulang

Penutup

Sekian beberapa cara menulis puisi dengan mudah. Jangan lupa terus berlatih ya. Karena dengan sering berlatih, kamu akan menemukan diksi yang tepat loh. Semoga bermanfaat.