Cara Megurangi Sampah Plastic yang Ada Di Indonesia

 Cara Megurangi Sampah Plastic yang Ada Di Indonesia

yoursay.suara.com

wikiGo News Pendidikan– Sebagai generasi milenial, kamu pernah nggak sih memperhatikan tumpukan-tumpukan sampah yang ada di sekitar kamu. Terutama tumpukan sampah plastik ya, atau paling tidak, pernah nggak sih kamu ngerasa bingung bagaimana sih sih cara mengurangi sampah plastic. Sehingga, dalam sehari itu kamu bisa nggak menghasilkan sampah plastic. Dari tumpukan-tumpukan sampah plastik yang kamu  lihat, pernah nggak sih kamu berangan-angan untuk tahu cara mengurangi sampah plastik sekarang juga.

Jika kamu sudah berpikir sejauh itu, maka kamu layak dikatakan sebagai milenial, atau manusia kekinian. Karena orientasi hidup kita bukan hanya sekedar untuk hidup biasa, tapi bagaimana caranya agar kita bisa menjadi luar biasa yang keberadaannya tidak sekedar hidup, melainkan memberikan kesejahteraan bagi semua orang, dan juga bagi alam.  

Nah jadi gini loh, mungkin sebagian orang berpikir bahwa masalah sampah plastik ini hanyalah tugas dari pemerintah. Sehingga, opininya akan menggiring, bahwa sebagai masyarakat, kita tidak mempunyai kewajiban apapun untuk membantu program pemerintah dalam mengurangi penggunaan sampah plastic. Tentu hal ini adalah pemikiran atau pendapat yang sangat salah. Dan sudah seharusnya tidak ada lagi di mindset kita.

Jadi, problem plastic ini adalah masalah kita bersama, apalagi yang membuat dan menimbulkan sampah plastik setiap hari bukan hanya pemerintah, tapi kita juga. Bayangkan saja, jika setiap hari kita membeli makanan di luar, tentu pihak warung akan memberikan plastik sebagai wadah makanan yang kamu beli. Ketika kamu ke pasar untuk berbelanja, dan tidak membawa wadah sendiri, tentu pihak pedagang juga akan memberikan plastik agar kamu bisa membawa semua barang belanjaan. Gitu nggak sih.

Nah Jika seperti ini, dan kita seperti ini terus menerus, tidak pernah berusaha untuk mengetahui bagaimana sih cara mengurangi sampah plastic, maka kita akan terus tertinggal. Hal ini karena kita tidak pernah memiliki rasa peduli terhadap lingkungan. Maka, mulailah untuk berpikir gimana sih cara mengurangi sampah plastik ini. Karena bagaimanapun, dengan banyaknya sampah plastik yang kita gunakan, ternyata akan berdampak buruk terhadap lingkungan, terutama bagi hewan-hewan yang ada di laut atau di darat.

Bahkan, di berbagai penelitian sudah banyak yang mengemukakan, bahwa ada banyak sekali binatang di laut yang harus mati karena mereka mengkonsumsi atau menelan sampah plastic yang kita buang ke laut. Hal ini tentu sebuah berita yang sangat memukul kita, dan menunjukkan kepada kita. Bahwa kita sedang berada di krisis moral yang benar-benar sangat parah. Jika kamu bingung bagaimana cara mengurangi sampah plastiknya, maka cobalah dengan hal-hal yang sederhana. Sebagaimana yang akan kami sebutkan di bawah.

Membawa Tote Bag Kemana-mana

Cara mengurangi sampah plastic yang pertama adalah dengan selalu menyediakan tote bag atau membawa tote bag sendiri ketika berpergian kemana-mana. Nah tote bag ini merupakan sebuah tas kecil ataupun berukuran sedang yang mudah dibawa kemana-mana. Dan ternyata, totebag juga sudah menjadi sebuah trend beberapa tahun belakangan.

Bahkan, banyak anak-anak muda yang mulai menggunakan tote  bag ketika berpergian. Hanya saja, sayang sekali, karena kebanyakan dari anak-anak muda yang membawa totebag. Mereka tetap saja membeli sesuatu dan memanfaatkan plastik dari pihak pedagang.  Mereka bahkan lupa bahwa fungsi tote bag yang dibawa adalah untuk menampung barang-barang yang dibeli.

Maka, sekarang juga, kamu harus sudah mulai menggunakan tote bah, dan maksimalkan penggunaannya. Jika membeli sesuatu, cobalah untuk meletakkan ke dalam tote bag tersebut. Jangan sampai, kita sudah membawa totebag tapi ujung-ujungnya tidak terpakai. Tentu hal ini sangat kita sayangkan ya. Karena tetap saja akan menambah sampah plastik yang ada di Indonesia.

Baca juga Yuk Kenalan dengan Material Conwood dan Kelebihannya

Membawa Tempat MInum sendiri

Cara mengurangi sampah plastik yang kedua adalah dengan membawa tempat minum sendiri. Ketika sedang beraktivitas di luar, yuk mulai membawa tempat minum sendiri. Kamu harus sudah bisa membiasakan untuk tidak bergantung dengan minuman kemasan. Karena minuman kemasan rata-rata terbuat dari plastic. Sesekali boleh kok mengkonsumsinya, tapi jangn sering-sering. Karena selain tidak baik bagi tubuh, minuman kemasan juga tidak baik bagi lingkungan, karena akan menambah sampah plastic.

Demikian beberapa cara mengurangi sampah plastic yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *