Cara Atasi memori penuh android agar bisa menyimpan banyak

 Cara Atasi memori penuh android agar bisa menyimpan banyak

Cara Atasi memori penuh android

wikiGo News gadget – Yuk yuk dimari terkhusus pengguna android yang mengeluhkan kendala memori penuh di idakandroid, Memori penuh di android biasanya karena terbebannya file-file yang tidak penting seperti, File sampah dari aplikasi whatsapp, Youtube, chrome, dan aplikasi yang sering kamu gunakan.

Apa itu memori android?

Sebelum melanjut, mimin akan memberikan sedikit penjelasan mengenai memori yah, juga agar kamu tak semena-mena tidak memperdulikan memori android, Memori adalah hardware komputer yang diciptakan seperti otak yang ditugaskan untuk menyimpan, mengelola yang nantinya akan di eksekusi dan dijalankan oleh perangkat hardware lainnya.

Memori yang terdapat pada android itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu memori Internal dan memori Eksternal. Singkat penjelasan, Memori internal android adalah memori yang sebelumnya sudah terpasangkan secara bawaannya sedangkan Memori Eksternal adalah memori tambahan android yang bisa dipasang dan dicopot secara manual. Untuk tugas-tugasnya ya akan tetap sama yaitu untuk menyimpan data dari android. Lalu bagaimana jika memori android penuh? berikut mimin akan memberikan Cara Atasi memori penuh di android agar kamu dapat menyimpan banyak file atau video lagi.

Tips atasi memori penuh di android

Sebelum memulai di cara Atasi memori penuh di android, perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. aplikasi apa sajakah yang sering kamu gunakan dan juga perhatikan file apa saja yang memang tidak kamu perlukan. Ya karena memori penuh bisa disebabkan dari aplikasi juga dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Rutin hapus file sampah aplikasi

Salah satu cara Atasi memori penuh di android adalah dengan cara rutin menghapus file sampah aplikasi, lalu bagaimana cara untuk menghapus file sampah? sedangkan maksud file sampah sajah masih belum tahu. huuuf.

Kamu dapat melakukannya dengan membuka pengaturan android, kemudian mencari aplikasi apa sajah yang sering kamu gunakan. setela itu kamu bisa klik aplikasinya, di menu tersebut kamu akan mendapati beberapa data penyimpanan aplikasinya. silahkan kamu File sampah atau cache kemudian hapus semua filenya.

2. Jangan pernah menggunakan aplikasi berat

Cara Atasi memori penuh di android dengan tidak pernah menggunakan aplikasi berat juga bisa kamu lakukan, pasalnya, aplikasi berat ya pasti akan menggunakan banyak memori android alhasil memori android kamu akan cepat penuh, maka jangan pernah yah kamu sekali-kali menggunakan aplikasi berat pada android.

Kamu dapat melakukanya dengan cara melihat size dari aplikasinya terlebih dahulu, jika memang dirasa cukup besar maka jangan pernah kamu mendownload apalagi menginstall di android.

3. Gunakan whatsaap untuk melonggarkan memori penuh di android

Cara Atasi memori penuh di android dengan menggunakan aplikasi whatsapp terbilang cukup unik, Bukan memori eksternal lah kok dengan aplikasi sajah dapat kamu manfaatkan sebagai media penyimpanan.

Singkat penjelasan, Whatsaap memiliki fitur penyimpanan google drive secara otomatis, ya kamu dapat menggunakan fitur tersebut untuk menyimpan dari beberapa file yang memang sangat perlu sekali bagi anda untuk disimpan.

4. Gunakan memori Eksternal

Cara Atasi memori penuh di android dengan menggunakan memori Ekstenal ini memang cukup ampuh, kamu cukup membeli memori di konter atau gerai toko hanphone kemudian kamu masukan pada android dan jangan lupa untuk memindahkan file, foto, aplikasi dan apa saja ke memori eksternal.

Baca Kartu memori SD Tidak Terbaca? Begini Cara Memperbaikinya!

5. Atur lokasi penyimpanan foto ke memori eksternal

Nah cara Atasi memori penuh di android kali ini, kamu memerlukan memori eksternal yang sudah terpasangkan pada android terlebih dahulu. jika sudah kamu bisa membuka alikasi kamera kemudian ganti metode penyimpanannya ke memori eksternal, pengaturan ini ada pada pengaturan android yah.

Keuntungan mengosongkan memori penuh di android

Mengosongkan memori yang sebelumnya penuh pastilah memiliki banyak keuntungan yang akan kita dapat, dan apa saja kah itu? berikut keuntungan yang didapat jika memori penuh dapat diatasi.

  1. Kamu dapat mendownload aplikasi, video, musik, file, game dan lain sebagainya.
  2. Kamu dapat memperpanjang umur android
  3. android akan tetap awet.
  4. android tidak lemot.
  5. android tidak error.
  6. android tidak akan mati tiba-tiba.
  7. dan lainsebagainya.

Kesimpulan

Nah, diatas adalah beberapa tips ampuh Atasi memori penuh di android yang wajib kamu lakukan. agar kamu dapat mendownload dan menyimpan ke memori lagi, eeh ya tanpa kamu sadari. kegiatan kamu yang sering membuka-buka aplikasi tanpa mengeluarkan/menghentikannya akan menjadi penyebab utama memori penuh diandroid.

Maka perlu sekali kamu menutup aplikasi tersebut agar memori android tidak akan penuh lagi, ok cukup sekian semuga Tips Atasi memori penuh di android ini bermanfaat, salam dari mimin ganteng wikiGo News.

wikiGo News

https://wikigo.id

Jadikan kritikan sebagai acuan perubahan terbaik untuk masa depan.

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *