Penyebab Baterai Kembung, Pengguna HP Baru Wajib Tahu Nih

 Penyebab Baterai Kembung, Pengguna HP Baru Wajib Tahu Nih

unsplash

Selama ini, kamu pasti mikir, bahwa yang bisa buncit mah cuma manusia doang. Apalagi orang-orang yang tipe kalau buka puasa langussung kalap. Ada kolak digas, cendol diembat, sirup, gorengan, bubur, dan segalanya dimakan. Ya ampun. Kalau gitu mah, puasa hanya jadi alat balas dendam dong. Nggak baik loh. Nah ternyata, selain perut, baterai  hp ternyata juga bisa buncit loh. Baterai yang sudah kembung ini biasa kita sebut sebagai baterai kembung. Sudah nggak asing dong sama istilah familiar ini.

Baterai kembung ini bisa terjadi kalau kamu nggak merawat ponsel dengan baik. Trus, apakah penyebab dari baterai kembung ini karena kekenyangan layaknya manusia. Eits, tenang. Sebelum ke sana, kita bahasin hal-hal dasar dulu ya. Salah satunya adalah, apa saja sih isi dari baterai ponsel kamu. Saat ini, kebanyakan atau bahkan sebagian besar baterai ponsel pasti dibuat dengan bahan kimia, namanya adalah Ion Litium, atau bisa juga disebut dengan Li-ion. Keren ya namanya. Kayak nama opa-opa gitu.

baterai Li-ion ini terdiri dari elektrolit dan juga elektroda. Elektrolit ini merupakan cairan ya sis. Cairan ini memungkinkan untuk mengalirkan electron ke dua elektroda. Sementara elektroda sendiri merupakan kutub negative dan positif baterai. Pasti taulah ya. Secara, semua baterai yang kita temukan di rumah pasti mempunyai kutub positif dan negative. Begitu juga dengan baterai ponsel.

Penyebab Baterai HP Kembung

Nah, pertanyaannya adalah, kenapa sih baterai ponsel kembung, alias apa penyebab baterai kembung. Kemungkinan pertama adalah, karena kesalahan dari produksi, ataupun usia baterai kamu yang sudah tua. Biasanya, kalau udah lebih dari 2 tahun mah, encok dah. Penyebab baterai kembung yang lainnya adalah karena kamu nggak tepat mengguakannya, misalnya adalah terlalu memaksakan dan juga charger ponsel yang nggak sesuai dengan spesifikasi hp.

Biasanya, kamu bakalan nemuin kasus ini kalau kamu sukanya beli charger yang murah. Please. Jangan Cuma karena ingin dapat harga yang lebih murah, kamu ngorbanin baterai ponsel kamu yang harganya sudah dijamin lebih mahal dibandingkan sama harga charger. Nah, pada dasarnya nih, baterai kembung ini diakibatkan oleh sel baterainya yang sudah kelebihan muatan. Isinya terlalu banyak gengs. Ya nggak beda jauhlah sama kekenyangan versi manusia.

Ketika proses pengisian baterai, elektroda nantinya akan mengikat electron, kemudian menimbulkan gas. Nah, ketika suah penuh dan sampai berlebihan, maka secara otomatis gas yang diproduksi akan berlebihna. Sehingga akan membuat lama kelamaan baterai ponsel kamu kembung. Tapi nggak usah dibayangin deh. Karea kalau dibayangin malah nanti ribet,  karena penjelasan ini mah penjelasan buat mahasiswa atau anak SMK yang jurusan kelistrikan.

Kalau kita cukup tahu bagian kulitnya aja, seperti penyebab baterai kembung. Udah itu aja.

Nah, jika ponsel kamu sedang mengalami masalah ini, maka segeralah untuk mengatasinya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah ganti baterai hp dengan baterai yang memang benar-benar berkualitas.

Sekali lagi, stop buat tergiur sama harga yang murah ya dear. Karena menemukan barang yang murah dengan kualitas tinggi tuh bagai mencari jarum di dalam jerami. Susahnya puool aja gitu. Sementara buat kamu yang sudah menggunakan ponsel-ponsel keluaran terbaru, nggak usah terlalu panic deh, karena rata-rata nih, ponsel-ponsel masa kini sudah membekali produk mereka dengan baterai yang super berkualitas.

Yakni, ketika sudah penuh terisi daya, maka ia akan langsung berhenti melakukan pengisian. Jadi, sudah nggak zamannya lagi nungguin baterai penuh ya. Tapi, meskipun sudah ada system ini, kamu tetap harus menjaga baterai ponsel kamu. Sebagaimana sudah ada pada penjelasan di atas , bahwa ada berbagai penyebab baterai kembung. Dan salah satunya adalah charger ponsel yang  nggak ori dan nggak berkualitas.

Jadi, kalau ponsel baru kamu kehilangan chargernya, belilah charger yang bagus, mahalan dikit nggak apa-apa, biar nggak merembet ke berbagai masalah lainnya. jelas ya.

Oke sekian seputar penyebab baterai kembung. Yuk lebih bijak dan cerdas dalam menjaga dan merawat seluruh barang elektronik miliki kita. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *