Ban Tubles yang Terkena Paku, Berikut Cara Mengatasinya

 Ban Tubles yang Terkena Paku, Berikut Cara Mengatasinya

carapraktis.info

wikiGo News Otomotif- Salah satu permasalahan serius yang kerap dihadapi oleh para pengguna ban tubless adalah terkena paku. Hal ini terlihat spele, namun jika kamu tidak tahu bagaimana cara menanganinya dengan tepat tentu akan menjadi masalah. Awalnya ingin ke rumah seseorang, mengunjungi sebuah tempat, menghadiri rapat, dengan pakaian rapi, eh malah harus sampai kucel dan panic hanya karena permasalahan sederhana yang disebabkan oleh ban tubles terkena paku. Tentu, ini adalah sebuah kondisi yang sangat menyebalkan.

Berangkat rapi, sampainya malah bingung. Jadi, jika kamu mengalami kondisi ini, stop untuk bingung  dulu ya. Karena ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan kok untuk mengatasi situasi dan kondisi yang agak merepotkan ini.

Mengatasi ban tubles yang terkena paku dengan menambal ban dengan baut ulir

Cara mengatasi ban tubles yang terkena paku pertama adalah dnegan menambalnya menggunakan ban ulir. Aksi ini membutuhkan keberanian yang luar biasa, itulah mengapa kamu harus menyiapkan mental atau nyali luar biasa. Maka mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk mulai menyiapkan baut ulir dan juga selotip untuk keran air ya. Kamu dapat menyimpan dua benda ini di sebuah tas yang kecil saja, dan jangan lupa membawanya kemana-mana.

Maka, ketika ban sudah dalam keadaan terkena paku, maka kamu bisa menggunakan kedua bahan tadi, yakni ban ulir dan juga selotipnya. Kamu dapat melilit bautnya dengan menggunakan selotip pipa air tadi. Jika sudah, silahkan cabut saja paku yang menancap dari ban motor kamu, dan langsung masukkan baut yang telah kamu lilitkan selotip di bagian bautnya.

Hal ini akan sangat tepat jika kondisi motor kamu memang membutuhkan aksi pertolongan pertama ya. Alias dalam kondisi yang darurat. Apabila sudah sempurna. Maka, kamu bisa langsung mencari tempat tambal ban yang menyediakan jasa tambal ban tubles. Jika dompet kamu masih memungkinkan, akan lebih baik jika kamu langsung mengganti ban ya.

Satu hal yang harus benar-benar kamu pahami, bahwa, ketika kamu menyadari ada kondisi yang tidak baik, atau kurang beres dari ban motor kamu, maka segeralah menepi. Usahakan mencari tempat yang benar-benar aman. Aman untuk kendaraan kamu, aman buat nyawa, dompet, dan lain sebagainya.

Hal ini karena dengan berhenti di tempat yang aman, maka kamu bisa menelpon keluarga atau membuka ponsel untuk sekedar mencari tahu lokasi tambal ban tubles yang terkena paku.

Mengatasi ban tubles yang terkena paku dengan tidak mencabut paku

Cara mengatasi ban tubles yang terkena paku kedua ialah dengan tidak mencabut pakunya. Cara kedua ini terntu sangat berbeda dengan cara pertama yang mencoba untuk memberanikan diri memberikan pertolongan pertama pada ban motornya yang sekarat.

Mungkin, jika pertama kali menggunakan ban tubles, dan mengalami masalah ini, kamu akan bertanya-tanya dan dibuat ragu, apakah akan mencabutnya atau malah membiarkannya saja. Maka, pilihan untuk tidak mencabut paku bisa menjadi sebuah jawaban yang cukup tepat untuk kamu ambil. Jangan dulu terburu-buru untuk mencabut pakunya ya.

Alasannya sederhana sih, karena jika kamu mencabut paku dengan buru-buru, grasak grusuk, maka tentu akan membuat bagian permukaan bannya menjadi terbuka, sehingga, seluruh angin di dalam bannya akan keluar. Akhirnya, perlahan namun pasti, ban motor kamu akan terus kempes sampai kandas.

Maka, biarkan saja dulu pakunya sembari mencari tempat yang tepat untuk mengatasi ban tubles yang bocor milik kamu. Apabila sudah sampai di tempat bengkel, serahkan saja kepada abang tukang bengkelnya, tentu dia tahu apa yang harus dilakukannya. Apalagi nih, prosesnya nggak bakalan memakan waktu lama kok. berbeda banget dengan proses penambalan ban dalam ya. Maka, sabar benra ya. Yang penting selamat.

Itulah dia dua cara mengatasi ban tubles yang terkena paku. Kamu bebas loh menggunakan cara mana saja. Namun, kami sarankan untuk menggunakan cara yang kedua saja ya. Karena memberikan pertolongan pertama membutuhkan nyali yang besar. Takutnya, malah menimbulkan masalah baru lagi.

Namun, ada loh cara yang lebih ampuh dari kedua cara di atas, yaitu tidak panic berlebihan. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *