Yuk Kenali Bahaya Ban Motor Tipis Demi Keamanan

 Yuk Kenali Bahaya Ban Motor Tipis  Demi Keamanan

wikiGo News Otomotif – Sebagai pengguna motor yang cerdas, kamu harus tahu dong apa-apa saja yang harus kamu perhatikan ketika mengendarai motor. Hal ini karena ternyata, jika kamu tidak bisa memberikan perhatian lebih, akan cukup membahayakan kamu ketika mengendarainya. Salah satu bagian yang harus kamu perhatikan adalah ban. Bagaimanapun, ban menjadi salah satu bagian motor yang paling penting. Karena ban langsung bersentuhan dengan permukaan jalan, sehingga semakin baik kondisi ban motor kamu, maka akan semakin memberikan dampak yang baik ketika dikendarai. Hal sebaliknya juga bisa terjadi, yakni ketika ban motor tipis, tentu sangat membahayakan jika tetap digunakan. Risikonya besar log gengs.

Jangan hanya karena malas ganti ban kamu akan mendapati risiko yang tidak mengenakkan ya. Nah, berdasarkan banyak pendapat, bahwa ban motor tipis bagian depan akan lebih membahayakan jika dibandingkan dengan ban motor tipis yang bagian belakang. Dilansir dari berbagai sumber, bahwasanya Corsa Tire pernah menyatakan, bahwa apabila ban belakang pecah, maka efeknya biasa saja, alias hanya akan memberikan efek lebih berat, dan sliding masih dapat kamu control.

Sementara bagian depan yang tipis, maka bisa membuat kamu kehilangan control, sehingga laju atau kecepatan motor tidak terarah. Terutama jika kamu sedang melintasi jalanan dengan kecepatan yang tinggi ataupun sedang melewati jalanan yang banyak pasirnya. Hal ini menunjukkan bahwa roda mempunyai control dalam cepat lambatnya motor kamu. Dan ban depan akan mendapatkan dorongan dari ban bagian belakang.

Maka, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, akan lebih baik jika kamu mulai mengganti ban apabila sudah berada di sekitar tujuh puluh sampai delapan puluh persen, dan stop memaksakan diri untuk menggunakan ban yang kondisinya tidak normal

Merawat agar Ban Motor tidak cepat tipis

Cepatnya ban motor menipis tentu akan sangat merugikan kamu ya. Karena harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menggantinya. Maka, agar kamu tidak terlalu sering mengganti ban, ikuti beberapa cara merawat ban motor agar tidak cepat tipis berikut ini. Oh ya, tips di bawah ini dilansir dari beberapa sumber ya, salah satunya adalah GridOto.

Kondisi Jalan

Bagaimanapun, kondisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi ban motor kamu, sehingga lebih cepat tipisnya. Bahkan, kondisi jalan yang tidak bagus juga akan sangat mempercepat ban mengalami benjol. Terutama jika kamu melewati jalanan yang sudah rusak dengan kecepatan bak kilat. Luar biasa. Maka, pilihlah bagian jalan yang tepat. Dan jiak melintasi jalan yang kondisinya tidak mulus, jangan menggunakan kecepatan tinggi.

Jarang Membersihkan Ban

Selain kondisi jalan, ternyata membersihkan ban juga sangat berpengaruh loh terhadap kondisi ban. Hal ini karena partikel yang ada di dalamnya bisa membuat ban motor tipis, kemudian terakumulasi setiap hari. Dan kerikil ataupun lumpur yang ada di sela-sela bannya juga akan menimbulkan masalah yang cukup serius terhadap ban. Yang apabila kamu biarkan berlarut-larut, tentu akan membuat ban motor tipis lebih cepat.

Maka, ketika kamu tengah membersihkannya, usahakan untuk tidak menggunakan sabun colek ataupun detergen yang bubuk, karena bisa mempercepat usia ban motor kamu.

Baca juga Tujuan Penddikan Indonesia, Yuk Kita Realisasikan Bersama

Tekanan Angin Ban

Salah satu penyebab terbesar mengapa ban motor tipis adalah tekanan yang tinggi. Ketika ban motor kamu dalam keadaan tekanannya yang rendah, dan tapak bannya akan langsung bersentuhan dengan jalanan lebih banyak, maka akan membuat ban motor tipis lebih cepat.

Maka, ketika kamu akan menggunakannya, pastikan dulu bahwa tekanan bannya pas. Jangan malas deh buat ngecek tekanan ban, toh nggak makan waktu yang lama. Nah, selain cara-cara di atas, masih ada kok beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan. Namun, ketiga cara memperlambat ban motor tipis di atas merupakan cara yang paling mudah dan simple. Dan bahkan dapat kamu lakukan hanya dalam beberapa menit saja. So, intinya ada pada seberapa cerdas kamu dalam menggunakannya dan merawatnya ya. Jangan sampai hanya karena kondisi ban yang tidak baik kamu mengalami masalah di jalanan. Semoga bermanfaat ya sobat cerdas.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *