wikiGo Tekno – 2021, di awal tahun ini kita tengah mendapatkan berita tentang pengalihan media sosial WhatsApp menjadi aplikasi yang lain. Dan hal ini membuat WhatsApp menjadi sorotan berbagai pihak karena adanya pembaruan tentang kebijakan dan privasi penggunanya dan di dalamnya terdapat pembaruan tentang kebijakan bahwa setiap penggunanya dipaksa harus menyetujui kebijakan di mana pihak WhatsApp akan menshare atau membagikan data-data semua penggunanya ke perusahaan yang induk, yakni Facebook beserta afiliasinya yang lain.

So, jika kamu tidak setuju dengan kebijakan terbaru ini, maka kamu tidak akan bisa lagi menggunakan WhatsApp sebagai media berkomunikasi, baik itu membagikan status, berkirim pesan, bertelpon, hingga video call. Kebijakan ini membuat nyaris seluruh pihak keberatan dan merasa terganggu, karena datanya akan diperoleh oleh pihak ketiga. Hingga akhirnya, tak heran jika kemudian banyak orang yang berbondong-bondong mencari platform lain ataupun aplikasi lain yang bisa dijadikan sebagai alternative berkomunikasi, yang fungsinya hampir sama dengan whatsApp tapi tidak dengan mudah membagikan data penggunanya ke pihak lain.

Keberadaan whatsApp yang seperti itu kemudian membuat banyak sekali bermunculan aplikasi—aplikasi yang sejenis dan bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi. Berikut ini beberapa aplikasi pengganti whatsApp yang bisa kamu gunakan.

Signal

Aplikasi pengganti whatsApp yang pertama adalah Signal. Aplikasi satu ini hadir dengan tampilan sederhananya, dan dibuat atau dirancang di Amerika Serikat. Aplikasi Signal juga menggunakan system end-to-end. Sama seperti system yang juga digunakan oleh whatsApp. Perbedaannya adalah, aplikasi satu ini hanya akan menyimpan nomor handpone kamu, sehingga tidak akan bisa diakses oleh siapapun, termasuk organisasi yang sudah besar. Karena Signal sangat menghargai privasi seluruh penggunanya.

Telegram

Aplikasi pengganti whatsApp berikutnya adalah Telegram. Aplikasi satu ini sudah digadang-gadang akan menggantikan whatsApp sejak lama. Telegram hadir dengan tampilan yang super sederhana dan bisa kamu gunakan sebagaimana fungsi whatsApp. Hanya saja, aplikasi keren ini belum menyediakan fitur status bagi semua penggunanya.

Telegram mempunyai kelebihannya sendiri yang super mengagumkan, salah satunya adalah karena di sana kamu bisa mendownload berbagai tontonan secara gratis. Telegram juga sangat menghargai privasi semua penggunanya loh. Tak heran jika banyak sekali yang merekomendasikan Telegram sebagai media berkomunikasi yang sangat aman. Aplikasi Telegram beralamat di London, dan beroperasi di Dubai.

miChat

Aplikasi Pengganti WhatsApp selanjutnya ada MiChat. Aplikasi satu ini berkomitmen akan menjaga semua data kamu, dan tidak akan membagikannya ke siapapun atau ke organisasi manapun. Saat ini, aplikasi MiChat sudah mulai popular, terutama sejak ramainya berita tentang whatsApp. Michat mempunyai system yang kurang lebihnya sama seperti aplikasi lainnya, Signal misalnya. Mereka hanya akan menggunakan data-data pengguna untuk keperluan pengoptimalan aplikasi atau ketika akan meningkatkan fitur yang ada.

Data kamu akan aman kok, apalagi mereka sudah menggunakan fitur end-to-end, sehingga semua data kamu tidak akan diperjual belikan, tidak akan bocor, dan pesan yang kamu kirim hanya akan bisa diketahui oleh kamu dan penerimanya. Tidak akan ada pihak ketiga yang mengetahui data kamu.

Kerennya nih, Michat mempunyai kelebihan yang terbilang jauh lebih keren dari yang lain, yakni bisa digunakan untuk bermain game loh. Yap, selain bisa kamu manfaatkan untuk berkomunikasi, Michat juga bisa dimanfaatkan untuk bermain game bersama teman-teman kamu. Sampai kini, aplikasi keren ini sudah digunakan dan diunduh lebih dari 10 juta orang Indonesia loh. Dan kamu juga bisa mengunduhnya dari Google Play Store ataupun Appsstore.

Demikian beberapa aplikasi pengganti whatsApp yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu. Pilihlah aplikasi yang memang bisa mempermudah system kerja kamu atau memang mumpuni untuk diunduh ke ponsel kamu.

Semoga bermanfaat ya. So, sekarang kamu nggak perlu bingung lagi harus migrasi kemana. Kalau memang sudah merasa tidak cocok dengan whatsApp, kamu  bisa langsung migrasi ke beberapa aplikasi di atas ya, karena aplikasi-aplikasi di atas sudah terbukti bisa menjaga semua data penggunanya dengan baik, tinggal kamu saja yang harus pandai dalam memilah.