wikiGo News Tekno – Kini, kehidupan kian berubah. Pesatnya perkembangan teknologi digital dan ilmu pengetahuan sudah mengubah banyak hal di dunia, salah satunya adalah gaya hidup masyarakat. Jika dulunya orang suka beraktivitas di luar rumah karena bisa bertemu dengan banyak orang, maka saat ini sudah tidak lagi. Orang-orang lebih nyaman melakukan segalanya di rumah, berteman dengan ponselnya, berselancar di media social, hingga berbelanja dari rumah.

Hal ini bisa terwujud karena memang ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang mendukung hal tersebut, salah satunya adalah kehadiran marketplace di Indonesia. Saat ini, ada banyak marketplace yang mewarnai hari Indonesia, yang selain menguntungkan bagi para pembeli juga pasti sangat menguntungkan bagi para pedagang yang membuka toko online di marketplace tertentu. Semua marketplace yang ada menawarkan berbagai kemudahan, misalnya adalah kemudahan akan proses pembuatan akun, tak hanya itu, kamu juga akan dimanjakan dengan banyaknya fitur keren yang ada di setiap e-commerce.

Marketplace bisa kamu anggap sebagai pasar, karena di sana ada banyak sekali proses jual beli, dan transaksi. Sehingga, kamu bisa membeli ataupun menjual barang di sana. Bahkan kini, yang memanfaatkan keberadaan aplikasi jual beli online ini juga bukan hanya digunakaan oleh pelaku usaha kecil loh, tapi juga pelaku usaha besar yang mempunyai brand terkenal. Nyaris semua brand terkenal yang pernah kamu tahu juga memasarkan prduk mereka di marketplace, seperti Adidas, Samsung, Nike, dan sebagainya.

Hal ini menunjukkan kepada kita, bahwa brand ternama juga menganggap, bahwa menjadi bagian dari marketplace merupakan cara yang ampuh dalam memperoleh keuntungan yang besar, karena di marketplace tersebut ada keuntungan yang menjanjikan.

Dengan keberadaan marketplace, kamu bisa mendapatkan berbagai kemudahan, yakni jika ingin sesuatu, maka bisa dengan mudah mendapatkannya, cukup dari rumah saja, tanpa harus pergi ke toko. Apalagi jika ternyata produk yang kamu butuhkan hanya satu buah. Kan sayang.

So, berikut beberapa marketplace yang sangat recommended untuk kamu gunakan.

Shopee

Aplikasi pertama ada Shopee. Aplikasi ini sudah digunakan oleh nyaris seluruh masyarakat Indonesia loh, dan bahkan, telah dikunjungi lebih dari 97,7 orang, dan ketika pandemi, bukannya turun, eh jumlah pengunjung aplikasi ini malah mengalami peningkatan yang luar biasa. Di tahun 2020, Shope menjadi marketplace nomor satu di Indonesia.

Hal ini terjadi tentu karena banyak hal ya, salah satunya adalah karena ada layanan Shopee pay, sehingga kamu bisa mendapatkan berbagai promo menarik atau cashback yang cukup menggiurkan. Apalagi masrketplace satu ini sering sekali memberikan ongkos kirim gratis, gimana nggak rame coba pengunjungnya?

Bukalapak

Marketplace kedua ada Bukapalapak. Aplikasi ini sudah dikunjungi 34,4 juta pengguna di tahun 2020 bulan Juni yang lalu. Di Bukalapak, kamu bisa menemukan berbagai macam produk yang kamu inginkan.

Tokopedia

Sampai kini, tampaknya Tokopedia menjadi salah satu marketplace saingan Shopee yang cukup berat, karena angka kunjungannya juga tidak begitu jauh, yakni ada sebanyak 89,7 juta. Jika saat pandemic jumlah pengunjung Shopee lumayan melonjak tajam, hal ini berbanding terbalik dengan Tokopedia. Ya, semenjak pandemi, jumlah pengunjungi Tokopedia mengalami penurunan.

Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang juga sering mengadakan promo dan iklan di televise, tak heran jika hampir semrua masyarakat Indonesia kenal dengan aplikasi berwarna hijau ini. Di Tokopedia, kamu dapat menemukan produk apapun yang kamu inginkan. Dan kabar kerennya, aplikasi ini merupakan aplikasi asli asal Indonesia loh, sehinga semua barang yang dijual di Tokopedia juga merupakan barang-barang asli Indonesia. So, mulai sekarang, tak ada alasan untuk ragu berbelanja di Tokopedia ya.

Itulah dia beberapa marketplace terbaik di Indonesia. Meskipun sebenarnya masih ada beberapa yang lainnya ya, seperti Lazada dan Blili. Demikian informasi singkat tekait marketplace terbaik di Indoensia, semoga informasi ini bermanfaat.

Tapi, ada baiknya jika kamu tidak terus menerus berbelanja di marketplace ya, sesekali cobalah untuk berbeanja juga secara offline, agar kamu bisa bertemu orang lain. Tentu saja jika keaadaan sudah membaik ya.