wikiGo News Teknologi – Saat ini, gadget tak hanya melekat pada orang tua dan dewasa saja, tapi juga anak-anak. Kita sudah dengan mudah menemukan anak-anak yang dibekali gadget bahkan di usianya yang masih sangat muda. Ya main gadget boleh, hanya saja harus benar-benar berada di pengawasan Anda ya, atau paling tidak sesuai dengan rekomendasi dari pakar kesehatan anak.

Biasanya, usia anak yang sudah di atas 2 tahun hanya dianjurkan untuk bermain gaedget maksimal 1 jam dalam sehari. Ingat ya, harus tetap Anda pantau dan aplikasi yang digunakan hanya aplikasi-aplikasi yang benar-benar bisa mendidik.

Kalau berbincang tentang aplikasi, ya yang namanya anak-anak pasti tertatik dengan game ya. Nah, tapi Anda tidak perlu khawatir sekarang, karena sudah ada kok aplikasi yang bisa menjadi sarana edukatif bagi anak-anak melalui game edukatif.

Ya, game edukatif menjadi salah satu alternative pembelajaran yang cukup disukai anak-anak. Bagaimana tidak, di usianya yang memang masih sangat mudah membuat dunianya memang hanya seputar bermain saja. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa aplikasi game edukatif untuk anak Anda. Aplikasi ini hanya untuk Anda yang menggunakan iOS .

Breathe, Think, Do with Sesame

Aplikasi pertama ada Breathe, Think, Do with Sesame. Sampai kini, siapa yang tidak tertarik dengan karakter yang ada di Sesame Street? Tentu nyaris semua orang menyukainya, nah termasuk anak Anda. Maka, Anda harus mulai mendownload aplikasi yang dibuat oleh Sesame Street ini ya. Karena game ini akan membantu anak dalam belajar banyak hal, terutama kemampuan dasarnya, misalnya, mengontrol diri, memecahkan masalah, membuat rencana, dan sebagainya.

Game sekeren ini bisa Anda nikmati gratis dan sangat cocok untuk anak Anda yang usianya dari 2 sampai 5 tahun.

Duolingo

Aplikasi selanjutnya ada Duolingo. Anak Anda bisa memainkannya dengan gartis. Aplikasi keren satu ini siap mnegajarkan anak Anda dalam mempelajari berbagai bahasa aisng. Apalagi ada banyak sekali pilihan bahasa yang bisa Anda pilih, seperti Italia, Jerman, Spanyol, Prancis, dan sebagainya. Tampilan aplikasi satu ini didesain  sebagus mungkin, sehingga membuat anak Anda pasti akan sangat tertarik untuk belajar.

Marbel Budaya Nusantara

Mempelajari semua budaya yang ada di nusantara adalah sebuah keharusan sebenarnya. Hal ini agar anak lebih mencintai negaranya. Nah, agar proses belajar mengenal budaya nusantara lebih menyenangkan, Anda bisa mendownload aplikasi marbel budaya nusantara untuk anak Anda. Aplikasi ini mengajarkan banyak hal kepada anak-anak, seperti makanan khas di seluruh daerah yang ada di Indonesia, alat music, tarian, rumah adat, dan sebagainya.

Oh ya, aplikasinya bisa Anda download dan dimainkan anak Anda dengan gratis.

Crossword Puzzle for Kids

Aplikasi belajar bagi anak yang juga gratis adalah Crossword Puzzle fot Kids. Ya yang namanya game, tentu menyenangkan. Nah, game satu ini sangat recomended dimainkan oleh anak Anda, karena anak Anda bisa belajar dengan sangat enjoy. Aplikasi ini bisa membuat pemahaman anak bertambah dengan mengisi berbagai teka-teki silang yang menyenangkan. Dan sembari mengisi teka teki, anak Anda juga bisa sekaligus belajar membaca, menulis, dan bahasa Inggris. Aplikasi sekren ini bisa dimainkan dengan gratis dan sangat cocok untuk anak-anak berusia 3 hingga 10 tahun.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, masih ada berbagai aplikasi lainnya yang juga tak kalah edukatifnya. Dan bagi anda pengguna android, tentu juga ada berbagai aplikasi edukasi yang bisa anda unduh, dan list aplikasi game edukatif untuk pengguna android akan kita bahasa di lain kesempatan.

Demikian beberapa aplikasi game edukasi bagi anak Anda. Gunakan gadget anda untuk hal-hal positif yang bisa menunjang proses anak dalam belajar, jadilah orang tua yang interaktif dalam menyampaikan berbagai pengetahuan terkait dengan game yang sedang dimainkannya.

Jangan lupa untuk tetap mendampinginya bahkan ketika menggunakan aplikas game edukasi ini ya. Tetap upgrade terus informasi seputar aplikasi game edukatif yang bisa anda manfaatkan untuk menemani belajar anak anda. Semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi pertumbuhan pengetahuan anak.