wikiGo News Tekno – Di tengah pandemi, para guru sibuk mencari aplikasi alternative yang akan digunakan untuk pembelajaran setiap harinya. Dengan perkembangan teknologi yang sangat luar biasa ternyata  telah memberikan berbagai kemudahan bagi kita semua, salah satunya adalah menyediakan alternative untuk proses pembelajaran.

Adanya platform-platform pembelajaran secara daring ini membuat proses belajar mengajar menjadi sangat mudah, dan telah membantu para pelajar untuk tetap berporses mendapatkan ilmu tanpa ada batasan waktu dan tempat. Isitlah pembelajaran model daring inipun tiba-tiba popular pada beberapa tahun yang lalu, dan kian dimanfaatkan para guru dan siswa, mahasiswa dan dosen agar tetap bisa beinteraksi meski dari jarak yang jauh.  Kehadiran aplikais-aplikasi pembelajaran daring ini membuat proses belajar mengajar menjadi tetap efektif dan efiisien.

Aplikasi Pembalajran Daring

Meski di tengah pandemic dan banyaknya musibah, proses beajar tetap tidak boleh terhenti, sehingga semua orang mulai mencari alternative terbaik agar tetap bisa memberikan ilmu kepada anak-anak didik, sehingga ditemukanlah aplikasi-aplikasi daring ini.

Nah, berikut beberapa aplikasi pembelajaran daring yang bisa Anda manfaatkan untuk proses belajar mengajar di sekolah.

seTara Daring

Aplikasi pertama adalah seTARA Daring. Aplikasi ini merupakan aplilasi LSM (Learning Management System) yang telah dirancang sebagai media pembelajaran dari jarak jauh. SeTARA bahkan mempunyai jargon ‘beajar kapan saja, dimana saja’.

System pembelajaran di LSM telah menyediakan berbagai kelengkapan untuk pemelajaran, seperti proses perancangan, pelaksanaan, hingga penilaian. Aplikasi sekeren ini adalah maha karya dari Direktorat Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kebudayaan Republik Indoensa (Kemendikbud RI).

Adanya platform ini telah membuat kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi sangat mudah. Nah, salah satu kelebihan aplikasi ini dibandingkan dengan yang lain adalah dari segi keteruhubungannya dan terintegrasiannya dengan berbagai sumber belajar, sehingga semua guru bisa mengelola pembelajaran online yang aman dan juga cepat.

Ruang Guru

Ruang guru adalah tempat bimbingan belajar yang berbasis digital dalam bentuk aplikasi. Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi ruang guru? Saya rasa semua kita telah tahu dan kenal betul akan kerennya aplikasi pemebalajaran satu ini. Hal ini karena selain kualitasnya yang sangat keren, ruang guru juga kerap melakukan promosi ke berbagai media, terutama di Televisi, sehingga lebih mudah dihafal dan diingat oleh masyarakat luas.

Ada berbagai fitur keren yang akan Anda temukan jika menggunakan aplikasi ini, seperti video pembelajaran animasi, latihan berbagai soal dan pembahasannya, rangkuman model bimbel, dan social learning.

Zenius

Apilikasi pembelajaran selanjutnya adalah Zenius. Meksi tidak sepopuler Ruang Guru, namun aplikasi satu ini juga tak mau kalah loh, karena sudah lama berkiprah di dalam urusan dunia edukasi online. Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan, misalnya adalah bank soal, analisis dan rekapitulasi, laporan belajar, latihan soal dan video, ujian berbasis computer, dan sebagainya.

Meja Kita

Aplikasi lainnya yang tak kalah recoemnded adalah Meja Kita. Ada banyak materi pelajaran yang bisa Anda temukan di sini, mulai dari jenjang SD hingga SMA, dan telah dilengkapi dengan forum diskusi yang bisa Anda gunakan untuk proses tanya jawab dengan system otomatis.

Anda bisa meggunakan aplikasi ini dan langsung terhubung dengan semua pelajar yang ada d Indonesia. Sehingga, Anda bisa saling bertukar pendapat, berdiskusi tentang materi pelajara, tugas, dan sebagainya.

Google Suite for Education

Yang terakhir ada google suite for education. Aplikasi ini telah memudahkan berbagai aktivitas belajar mengajar banyak guru dan siswa, atau dosen dengan mahasiswanya. Aplikasi google suite for education merupakan layanan yang disediakan oleh Google.

Dari sekian banyaknya fitur di aplikasi ini, namun fitur yang kerap menjadi pilihan adalah google clasroomnya, karena dengan fitur ini, semua siswa atau guru, dosen, dan mahasiswa dapat mengikuti proses belajar dari jarak jauh.

Adanya aplikasi ini dapat membuat semua orang bisa terus belajar walaupun ada keterbatasa  internetnya.

Itulah dia beberapa aplikasi pembelajaran online yang meski Anda coba, dan rasakan berbagai keuntungan menggunakannya dalam belajar. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *