4 Alasan Ban Motor Terlalu Sering Kempes

 4 Alasan Ban Motor Terlalu Sering Kempes

wikiGo News Otomotif –

Ban motor adalah salah satu komponen motor yang harus kamu perhatikan dengan baik. Hal ini karena ban motor sendiri memiliki pernana yang penting, dan kadang-kadan menimbulkan masalah yang terbilang serius, yang jika kamu abaikan tentu akan berakibat fatal.  Salah satu masalah dari ban motor adalah terlalu sering kempes. Ban motor yang terlalu sering kempes ini biasanya terjadi karena beberapa hal. Beberapa di antara kamu tentu ada yang sering mengalami hal ini sendiri. Maka, sebelum mulai berfikir untuk mengatasi masalah yang cukup serius ini, hal pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mengetahui alasan mengapa ban motor kamu terlalu sering kempes, karena dengan mengetahui alasan atau penyebab ban yang terlalu sering kempes tentu akan mempermudah kamu ketika akan mencari solusinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa ban motor terlalu sering kempes.

Alasan Ban Motor Terlalu Sering Kempes

Ban motor yang terlalu sering kempes tentu akan menghadirkan rasa kecewa, jengkel, marah, dan lain sebagainya kepada si pengendara, walaupun sebenarnya, hal tersebut sama sekali tidak disebabkan oleh ban itu sendiri, ia kan? Melainkan karena kurangnya perhatian dari sang pemilik motor. Sampai kini, ada beberapa alasan mengapa ban motor terlalu sering kempes. Di antaranya adalah:

Tidak Digunakan

Alasan ban motor yang terlalu sering kempes yang pertama adalah karena sering tidak digunakan. Motor yang sering tidak digunakan akan membuat bannya cepat kempes. Apalagi jika tidak kamu gunakan selama berhari-hari dan berturut-turut, tentu akan mengakibatkan ban menjadi mudah sekali kempes. Maka, cobalah untuk selalu menggunakan motor kamu setiap harinya meski hanya digunakan untuk mencari makan ketika siang hari. Hal ini adalah cara paling sederhana unutk meminimalisir terjadinya ban terlalu sering kempes. Biasanya, hal ini akan sangat mudah sekali temukan pada motor yang ditinggal selama berhari-hari atau malah berbulan-bulan.

Ban Kempes Tidak Langsung Dipompa

Penyebab yang kedua adalah ban yang kempes tidak segera dipompa. Hal ini bisa saja kamu lakukan ketika kamu memang benar-benar tidak tahu jika ban motor kamu tengah kempes ataupun kamu memang lupa untuk mengisi bannya sehingga lama-kelamaan banyak akan kempes. Nah mulai sekarang cobalah untuk selalu mengecek keadaan ban motor kamu, apabila memang angin di dalam ban nya sudah terasa berkurang, kamu bisa dan langsung mengisinya kembali. Hal ini adalah cara yang paling mudah agar ban motor kamu tidak mudah kempes.

Apabila kamu kerap memaksakan ban motor yang sudah kempes untuk tetap digunakan, tentu akan berakibat buruk bagi ban motor kamu, yakni bisa saja permukaannya pecah, sehingga harus diganti yang baru.

Ada yang Menempel pada Vleg dan Ban Motor

Penyebab ban motor yang sering kempes yang selanjutnya adalah ada benda yang menempel pada vleg dan ban motor. Kasus yang satu ini bisa terjadi ketika kamu selesai melewati jalan yang penuh lumpur dan juga becek. Hal ini karena ada batu-batuan kecil ataupun pasir yang akan mengisi slot motor kamu sehingga vleg motor dengan ban nya tidak merekat dengan baik atau sempurna. Dan hal inilah yang menyebabkan angin ban keluar.

Baca juga Dampak Positif dari Perkembangan Teknologi Informasi

Permukaan Ban Tipis

Penyebab yang terakhir adalah permukaan ban yang tipis. Kamu meski sadar, bahwa ban yang sudah tipis sudah seharusnya tidak lagi digunakan, karena sangat berbahaya bagi pengendaranya. Kamu harus menyadari ini, apalagi jika kebetulan kamu membawa beban yang berat, di jalan yang banyak pasir dan becek pula, tentu akan sangat berisiko. Maka, jika ada penawaran ban yang tipis dengan harga yang mirik, tak perlu tergiur, karena akan sangat bijak apabila kamu lebih membeli yang mahal sedikit tapi menawarkan kualitas terbaik. Ia kan? Bahkan jika memang memungkinkan, kamu bisa membeli ban dari toko resminya agar kualitasnya jauh lebih unggul.

Itulah dia tiga penyebab ban motor hingga sering kempes. Sekarang, kamu bisa mengatasinya dengan mudah, karena sudah mengetahui dengan jelas penyebab ban motor terlalu sering kempes. Semoga bermanfaat.

ayahmak

Pulang dan senja~

Baca Info

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *