Trending :

300 Hektar Tanaman Mete di Dompu Tak Produktif Akan direvitalisasi

44 sec read

300 Hektar Tanaman Mete di Dompu Tak Produktif Akan direvitalisasi

wikiGo News Dompu – Tanaman Mete sempat Menjadi Salah satu keunggulan Kabupaten Dompu. Namun, Beberapa Tahun ini Keberadaannya Mulai memprihatinkan. Bahkan juga Produksi Mete kian terus mengalami penurunan.

Kondisi yang semakin buruk ini dan menjadi prihatin isebabkan beberapa faktor, selain kondisi mete yang sudah tidak ber produktif dan juga petani tanaman mete yang sudah mulai melakukan pembabatan. lalu beralih ke tanaman jagung maupun tebu.

Melihat Kondisi tanaman mete yaang kian tak produktif, pemerintah mulai memainkn perannya untuk mempertahankan keberadaan komoditi. salah satunya dengan melakukan langkah revitalisasi. dengan merencanakan sebanyak 300 hektar tanaman mete akan dilakukan peremajaan.

Sementara tanaman mete yang biasannya usia produktif pohonnya maksimal 10 tahun. “Kita akan melakukan revitalisasi. dan secara ekonomi ini bisa diharapkan akan meningkatkan pendapatan masyarakat, ungkap Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin.

Loading...

Untuk Kedepannya Bupati Dompu berharap, selain memperoleh uang dari mete, masyarakat jug dapat menikmati uang jagung. sebab, pohon tanaman mete bisa ditumpang sari jagung.

“Kita akan memberikan pemahaman kepada para petani untuk tetap mempertahankan tanaman ete, Ujar bupati.

Selain itu juga, untuk mempertahankan dan mendukung keberadaan mete, H bambang Berencanan Untuk membangun industri terpadu.

“keperadaan industri ini diharapkan bisa untuk meningkatkan nilai tambah mete. dan juga bisa sebagai bentuk perhatian serius kita terhadap kebradaan komoditi ini, Ujar Bupati Dompu.

Loading...