wikiGo News Otomotif –

Jika selama ini kamu berpikir, bahwa motor cuma butuh bahan bakar, itu salah besar cuy, karena selain butuh bahan bakar, motor juga nggak bisa lepas dari pelumas mesin, atau yang selama ini kita kenal dengan sebutan ‘oli’. Apalah daya motor kamu yang canggih kalau tanpa oli. So, oli sendiri mempunyai peranan yang sangat penting bagi motor kamu, karena berkaitan dengan perihal gesekan, ataupun cooling agent di bagian mesin, melindungi wearing, hingga mengurangi karat.

Dengan keberadaannya, oli menjadi sebuah pengendali motor kamu, dan dengan adanya oli, maka mesin motor kamu bisa berkerja secara maksimal. Bahkan, nggak sedikit loh yang pernah berpengalaman buruk karena kehabisan oli. Ia kan? Nah, di Indonesia, kamu bisa menemukan berbagai jenis oli, mulai dari yang ramai konsumen, hingga yang tidak begitu diminati. Walaupun sudah canggih, nggak bisa dipungkiri loh, masih banyak sekali orang yang belum memahami dengan baik mengenai jenis oli yang bisa digunakan dan memang cocok dengan model kendaraannya. Padahal, jika salah dalam memilih oli bisa berakibat fatal bagi motor kamu.

Nah, agar aman terhadap kendaraan, kamu meski mengetahui dulu nih cara memilih oli yang benar. Caranya sederhana, yakni dengan mengetahui spesifikasi dari olinya itu sendiri. Ketika akan memilih oli, kamu meski memperhatikan dahulu kekentalan olinya, atau kalau dalam istilah sederhananya biasa disebut SAE, sementara kualitas olinya disebut API service. Semua mesin pada motor mempunyai karakter yang berbeda-beda, dan juga konstruksinya masing-masing yang memang meski kamu sesuaikan dengan penggunaan oli. Apabila kamu bisa memilih oli yang pas, tentu mesin kendaraan kamu akan baik-baik saja, dan suara mesinnya akan jauh lebih halus.

So, jika masih juga bingung menentukan jenis oli yang akan kamu gunakan, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Oli TOP 1 Action Matic Series

Nyaris 50% lebih masyarakat di Indonesia lebih memilih jenis motor matic sebagai kendaraan utama, hal ini karena memang matic bisa memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Agar performa matic bisa terus bertahan, maka banyak yang memilih Oli Top 1 sebagai pilihan, karena oli satu ini mempunyai kualitas yang super bagus, dan sudah terbukti mampu mempertahankan performa mesin sebuah motor. Oli Top 2 dihadirkan untuk memenuhi spesifikasi matic Yamaha dan Honda. Ada berbagai keunggulan yang bisa kamu dapatkan ketika memilih jenis oli satu ini.

Castrol Oil

Merk oli yang juga terbilang sangat baik adalah Castrol Oil. Hal ini karena Castrol Oil mempunyai spesifikasi yang sangat baik, dan juga kualitas tinggi, apalagi nih, Castrol mampu memberikan perlindungan yang sangat tinggi pada mesin motor yang kamu gunakan, sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal terhadap mesin motor. Dan jenis pelumas satu ini juga tidak hanya bisa digunakan untuk motor, tapi juga dikhususkan bagi pengguna roda empat. Dengan kualitas terbaiknya, wajar sih jika kemudian Castrol memberikan penawaran harga yang terbilang cukup tinggi, yakni kisaran Rp. 70 ribuan. Selain kualitasnya yang tinggi, Castrol juga mempunyai teknologi modern yang bisa meningkatkan performa motor kamu.

Pertamina Enduro

Oli terbaik di Indonesia yang berikutnya adalah Pertamina Enduro, kualitas dan kekentalan Pertamina Enduro terbilang sangat baik, sehingga sangat cocok dan bagus jika kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan pelumas mesin motor kamu. Pelumas Pertamina Enduro mempunyai fungsi yang sangat baik dalam mengurangi gesekan dua komponen mesin ketika bergerak ataupun gesekan. Meski berani memberikan kualitas terbaik, harga yang dibandrol oleh pelumas Pertamina Enduro cukup terjangkau loh. So, nggak heran jika oli satu ini juga menjadi salah satu oli terbaik yang dipilih oleh banyak masyarakat Indonesia.

Itulah dia sekilas tentang oli terbaik di Indonesia dan juga kegunaan oli. Semoga bermanfaat. Jadi, saat ini nggak ada alasan buat bingung dan nggak tahu apa-apa soal oli ya. Intinya, ketahui spesifikasi olinya, lihat kekentalannya, dengan demikian, kamu bisa menentukan oli mana yang kira-kira tepat utnuk kamu gunakan. Semoga bermanfaat.